"BERBAGI ITU HAPPY"

1/12/2018

CARA MUDAH MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN ANAKAN BURUNG KACER POCI

AAN BUDIYANTO | 1/12/2018 |
ZONATIPSINDONESIA. Dalam membedakan anakan burung kacer, saat usia anakan sekitar usia 1 sampai dengan 3 bulan tentu membutuhkan pengetahuan dan pengalaman. Apalagi dalam memilihnya kita dihadapkan dalam 1 pilihan burung, dan tidak ada perbandingan, tentu akan sangat sulit. Bahkan saat memilih anakan burung kacer saat dalam jumlah banyak pun, terkadang kita masih mengalami kesulitan, karena perbedaan secara ciri fisik baik itu dari ukuran tubuh, bentuk tubuh, semuanya sangat mirip untuk dibedakan.
Cara termudah dalam membedakan tentunya saat ada perbandingan didalamnya, dengan maksud tentunya anda bisa memilih salah satu burung yang memiliki ciri ciri tertentu didalamnya. Dan akan lebih mudah lagi jika anda memilih anakan burung kacer yang satu sarang, tetapi hal tersebut tetap harus disertai dengan pengetahuan dalam membedakan anakan burung kacer tentunya. 


CARA MUDAH MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN ANAKAN BURUNG KACER POCI
Anakan burung Kacer
Dan berikut ini kami sampaikan ciri ciri jenis kelamin anakan burung kacer, yang bisa anda gunakan untuk memilih anakan burung kacer. 

MELIHAT DARI WARNA BULU ANAKAN BURUNG KACER POCI

Cara ini bisa dilakukan jika ada perbandingan anakan burung lain tentunya, Untuk kacer jantan biasanya memiliki bulu yang lebih kearah gelap. Sedangkan untuk anakan kacer betina memiliki warna hitam yang pudar dan menuju kearah abu abu. 
Dan untuk warna putih pada sayapnya, untuk anakan burung kacer jantan ada warna kuningnya sedikit, dan untuk anakan burung kacer betina, berwarna putih polos. perhatikan secara seksama. 

MELIHAT WARNA PARUH ANAKAN BURUNG KACER POCI

Cara ini bisa dilakukan jika tidak ada perbandingan burung lain, tetapi akan lebih akurat jika ada perbandingan tentunya. 
Anakan kacer jantan warna paruh bagian bawah lebih hitam atau gelap, sedangan untuk kacer betina memiliki warna paruh bagian bawahnya yang berwarna hitam pudar atau lebih dominan warna putih pucat atau abu abu. Untuk cara ini lebih mudah lagi dilihat untuk anakan kacer dalam 1 sarang, karena biasanya minimal ada salah satu anakan dengan jenis kelamin betina didalamnya. Namun yang harus diperhatikan adalah pedagang nakal yang sering membuat warna paruh anakan kacer betina menjadi berwarna hitam dengan cara diwarnai, atau disemir. Untuk mengatasinya anda busa mengusapnya menggunakan kertas tisu basah, bila warnanya luntur, atau ada warna tinta ditisu, sudah bisa diartikan kalau paruh burung tersebut semiran. 

MELIHAT WARNA PELIPIS MATA ANAKAN BURUNG KACER POCI

Untuk anakan kacer jantan, memiliki warna pelipis matanya berwarna hitam pekat, sedangkan anakan kacer betina berwarna abu abu. Perhatikan secara seksama, akan ada perbedaan didalamnya. 

MELIHAT BENTUK FISIK ANAKAN BURUNG KACER POCI

Secara umum ciri ciri ini sangat susah diterapkan, karena selain membutuhkan perbandingan, untuk anakan burung kacer sangat mirip sekali atau nyaris sama ciri ciri tersebut. Tetapi tentunya tidak ada salahnya kami sampaikan. 
Untuk anakan burung kacer jantan memiliki bentuk kepala lebih cepak, mata lebih besar, dan paruh lebih tebal. Sehingga untuk tampilan terlihat lebih garang, dengan didukung oleh postur tubuh yang panjang.

Pengetahuan ciri ciri diatas, bisa anda digunakan untuk meminimalkan kesalahan dalam memilih anakan burung kacer jantan. Tetaplah teliti, sabar, dan hati hati, 

Demikian tips atau cara membedakan jenis kelamin anakan burung kacer. Semoga bermanfaat.
"BERBAGI ITU HAPPY"

1 comment: