"BERBAGI ITU HAPPY"

12/13/2017

CARA MUDAH DAN AMAN MEMILIH BAKALAN BURUNG CUCAK HIJAU JANTAN

AAN BUDIYANTO | 12/13/2017 |
ZONATIPSINDINESIA. Memilih burung Cucak hijau muda yang masih kuningan dengan jenis kelamin jantan, untuk anda yang belum memiliki pengetahuan sama sekali tentang burung cucak hijau tentu sangat membingungkan atau kesulitan. 
Secara sekilas memang sangat mirip, tetapi jika diperhatikan secara serius akan sangat terlihat sekali perbedaanya. 
Dan hal ini juga penting untuk dipahami, karena mungkin suatu saat anda ingin merawat atau membeli seekor burung cucak hijau muda yang masih kuningan, sehingga nantinya tidak terjadi salah pilih, dan akhirnya menyesal dikemudian harinya. 


Dan berikut ini cara mudah dan aman yang saya gunakan dalam memilih bakalan burung cucak hijau muda yang masih kuningan. Dan terbukti belum pernah gagal dalam memilih bakalan burung cucak hijau jantan.



MEMILIH BAKALAN BURUNG CUCAK HIJAU MUDA JANTAN YANG MASIH KUNINGAN DARI CIRI FISIK DI SEKITAR MATA


Ciri fisik disekitar mata ada beberapa ciri yang bisa digunakan untuk membedakan jenis kelamin burung cucak hijau muda yang masih kuningan berjenis kelamin jantan.
CARA MUDAH DAN AMAN MEMILIH BAKALAN BURUNG CUCAK HIJAU JANTAN
Bakalan burung cucak hijau

ALIS

  • Burung Cucak hijau jantan berwarna kuning tebal dan tajam, tidak pudar dan tegas. 
  • Burung Cucak hijau betina berwarna kuning tipis, tampak pucat dan pudar kearah putih, dan bisa putih.

LINGKAR MATA

  • Burung Cucak hijau jantan lingkar matanya terlihat berwarna hitam gelap dan juga tebal. 
  • Burung Cucak Hijau betina berwarna hitam, namun terkadang sedikit oudar dan tipis.

Dari ciri ciri diatas sangat kami gunakan sebagai pilihan pertama dalam memilih bakalan burung cucak hijau jantan. Dan sampai disini untuk aman nya, ketika pilihan tersebut tidak ada, saya mengurungkan niat untuk memilih atau membelinya.
CARA MUDAH DAN AMAN MEMILIH BAKALAN BURUNG CUCAK HIJAU JANTAN

Dan jika pilihannya ada banyak atau mendekati seperti kriteria, maka kami menggunakan kriteria yang kedua dalam memilih bakalan burung cucak hijau berjenis kelamin jantan seperti di bawah ini.

MEMILIH JENIS BAKALAN BURUNG CUCAK HIJAU MUDA JANTAN YANG MASIH KUNINGAN DARI CIRI FISIK DI SEKITAR PARUH


Ada beberapa juga ciri fisik yang bisa dilihat untuk membedakan jenis kelamin burung cucak hijau.

WARNA PARUH

CARA MUDAH DAN AMAN MEMILIH BAKALAN BURUNG CUCAK HIJAU JANTAN


  • Burung cucak hijau jantan pada paruh bawah berwarna gelap atau mengarah kecoklatan
  • Burung cucak hijau betina berwana pucat mengarah keputihan

Dari ciri ciri ini kami menyakini untuk bakalan burung cucak hijau muda, jika memiliki warna paruh bawah yang kecoklatan atau gelap, kemungkinan besarnya akan berubah menjadi hitam seperti pada burung cucak hijau jantan yang sudah dewasa.

MOTIF PARUH 

CARA MUDAH DAN AMAN MEMILIH BAKALAN BURUNG CUCAK HIJAU JANTAN

Memang untuk motif paruh ini bukan menjadi acuan atau patokan untuk membedakan ciri ciri jenis kelamin burung cucak hijau.Tetapi tidak ada salahnya anda gunakan sebagai pertimbangan, karena dalam beberapa kasus ciri ini ada pada burung cucak hijau jantan.
Dan berikut ini cirinya,
  • Burung cucak hijau jantan bentuk paruh bagian bawah memiliki motif huruf V tampak lancip
  • Burung cucak hijau betina bentuk paruh bagian bawah memiliki motif huruf V juga tetapi lebih tumpul, tampak lebar
Dan sekali lagi dari kriteria ini hanya sebagai tambahan untuk pemantapan dalam memilih bakalan burung cucak hijau jantan yang masih muda atau kuningan.
Tetapi jika dari ketiga kriteria tersebut ada dalam satu burung seperti, alis yang tebal dan berwarna kuning pekat, warna paruh bawah yang kecoklatan atau hitam, dan motif paruh v. Kami menyimpulkan burung tersebut adalah jantan, maka bisa kita rawat di rumah.
Seperti pengalaman kami dalam memilih bakalan burung cucak hijau dengan menggunakan kriteria tersebut belum pernah salah. Tetapi memang butuh ketelitian dan kesabaran didalamnya.

dan dibawah ini sebagai tambahan pula untuk pemantapan dalam memilih atau membedakan bakalan burung cucak hijau jantan, Karena dalam berbagai kasus untuk ciri ciri tertentu, kemiripian ciri fisik ini mengecoh, atau mengelabuhi kita saat memilih burung, sehingga menjadi salah pilh. 

MEMILIH JENIS KELAMIN CUCAK HIJAU MUDA YANG MASIH KUNINGAN DARI CIRI FISIK DI SEKITAR LEHER DAN WARNA TROTOL


Melihat ciri fisik disekitar leher ini, lebih tepatnya untuk mewaspadai burung cucak hijau betina dewasa, yang mana untuk cirinya secara sekilas memang masih terlihat seumuran dengan cucak hijau muda yang masih kuningan. 
Pada ciri fisik cucak hijau betina dewasa, memiliki ciri warna leher kuningnya berwana putih pucat atau kuning pucat tidak tegas.
CARA MUDAH DAN AMAN MEMILIH BAKALAN BURUNG CUCAK HIJAU JANTAN
gambar-cucak-hijau-betina


Bisa dilihat juga dari kakinya, untuk bakalan burung cucak hijau jantan yang memiliki kaki dan kuku yang berwarna hitam, juga bisa untuk menandai atau memberikan ciri tersebut sebagai calon bakalan burung cucak hijau janntan. dan jika ada pilihan tersebut, bisa juga kami gunakan sebagai tambahan pertimbangan.
CARA MUDAH DAN AMAN MEMILIH BAKALAN BURUNG CUCAK HIJAU JANTAN

Dan untuk ciri kaki yang kedua, jika anda menjumpai burung cucak hijau dengan ciri fisik seperti kaki (kuku yang putih) yang kering atau bersisik dan belum memiliki tanda tanda trotol di lehernya, bisa dipastikan jika burung tersebut berjenis kelamin betina.
CARA MUDAH DAN AMAN MEMILIH BAKALAN BURUNG CUCAK HIJAU JANTAN

Dan untuk warna trotol anda harus benar benar memahami warna trotol asli atau bukan, Dan berikut ini penjelasnnya.
CARA MUDAH DAN AMAN MEMILIH BAKALAN BURUNG CUCAK HIJAU JANTAN

Untuk warna trotol asli adalah bulu dalam sampai dengan ujung bulu berwarna full hitam, sedangkan untuk warna bulu yang hitam didalam, namun ujungnya terlihat kuning atau berwarna setengah saja, hal tersebut bukanlah warna trotol yang akan menjadi hitam.

MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN CUCAK HIJAU MUDA YANG MASIH KUNINGAN DARI CIRI FISIK DI SEKITAR TULANG SUPIT


Melihat ciri fisik ini, anda memang harus memegangnya, dan untuk perbedaannya adalah sebagai brrikut. 
Burung cucak hijau jantan pada tulang supitnya sangat kaku atau keras
Burung cucak hijau betina memeliki tulang supit yang lembek

Ciri ciri diatas bisa anda gunakan untuk membedakan jenis kelamin burung cucak hijau, tetapi ada hal penting lagi yang harus diketahui dalam memilih burung cucak hijau jantan yaitu memilih burung dengan katuranggan yang baik. Dan berikut ini ciri cirinya :
  1. Pilihlah burung cucak hijau yang meniliki paruh yang lurus dan panjang.
  2. Tatapan mata yang tajam, dan tampak melotot.
  3. Kepala yang terlihat agak besar, tampak lebih ideal dengan postur tubuh atau tampak garang dan tidak culun.
  4. Pilihlah burung cucak hijau yang memiliki leher panjang, atau dengan melihat bagian bawah kepala yang terlihat besar atau panjang. 
  5. Memiliki postur tubuh yang panjang.
  6. Ekor yang tampak sedikit lebih panjang.
  7. Dan yang terakhir cobalah dengan menggodanya dan carilah yang memiliki respon galak dengan mencoba mengejar untuk mematuk tangan anda. 
Demikian tips atau cara membedakan jenis kelamin burung cucak hijau, jika ada pertanyaan bisa menyampaikannya dikolom komentar, atau mungkin ingin menambahkan ciri ciri yamg lainnya, silahkan ditulis dikolom komentar. Semoga bermanfaat.

"BERBAGI ITU HAPPY"

1 comment:

  1. Punya saya CI bodi panjang leher panjang..paru nya panjang besar... ekor panjang.., apakah tergolong burung fighter?

    ReplyDelete