"BERBAGI ITU HAPPY"

9/28/2017

CARA MELATIH MENTAL BURUNG MENJADI PETARUNG

AAN BUDIYANTO | 9/28/2017 | |
ZONATIPSINDONESIA. Memiliki burung yang gacor atau rajin berbunyi belum bisa dikatakan burung tersebut mentalnya petarung. Dalam arena perlombaan burung bisa dikatakan memiliki mental yang bagus bila memiliki karakter yang kuat seperti  mainya ngotot dengan mengeluarkan materi materi suara atau isian isian suara yang dimilikinya, dan menunjukan perilaku seperti tidak ingin kalah saat berbunyi / bersuara.

Sering saya sampaikan pula dalam artikel artikel saya sebelunya, faktor terpenting dalam memelihara burung menjadi bagus adalah perawatan dengan konsisten dan sabar. Bukan suatu hal yang mustahil bila memiliki  burung yang fighter atau petarung bila perawatanya dilakukan dengan baik dan benar, tetapi bagi sebagian kicau mania Indonesia masih ada yang belum memIliki pengetahuan dalam melatih burungnya agar memiliki mental petarung yang bagus, kali ini saya akan sampaikan tentang tips atau cara melatih mental burung menjadi petarung  yang bisa dicoba untuk burung kesayanganya dirumah.

Bentuk latihan ini juga bisa dikatakan sebagai terapi burung agar menjadi petarung, dan cara caranya adalah sebagai berikut ;


MELATIH MENTAL BURUNG DENGAN TERAPI TERITORIAL


Burung dengan sifat karakter petarung yang bagus adalah burung yang memiliki sifat teritorial atau daerah kekuasaan.  Sifat tersebut ada pada burung seperti  Cendet, Murai Batu, Kacer, Anis, Ciblek, Sulingan Dan lain lain yang tidak terbiasa hidup secara berkoloni.

Dan untuk caranya adalah dengan sering mebawa burung ke tempat tempat tertentu yang berbeda beda, cara ini sangat bagus untuk melatih burung terbiasa dengan teritorial atau daerah kekuasaan yang baru. Ketika melakukan cara ini juga bisa sekalian melatihnya dengan ditemukan burung yang sejenis. lakukan cara ini minimal 2 X dalam sebulan, tetapi pastikan burung anda dalam kondisi fit untuk diajak jalan jalan.


MELATIH MENTAL BURUNG DENGAN TERAPI KERODONG


Secara umum dikerodong bisa diartikan ditutupi atau dilindungi tentunya deskripsinya tergantung peranan krodong itu sendiri kepada burung yang kerodongnya dipasang. Tetapi dari manfaatnya sangat banyak sekali, dan salah satunya adalah untuk terapi melatih mental burung menjadi petarung. Dan untuk cara caranya bisa dilakukan sebagai berikut

Buatlah burung senantiasa dikerodong minimal 2 jam setiap harinya di siang hari. selain untuk memberikan waktu istirahat yang cukup juga bisa untuk melatih psikologis dari burung agar terlatih dengan kondisi terisolir.

Selain cara diatas anda juga bisa melatihnya dengan burung lain yang sejenis namun dalam kondisi dikerodong. Buatlah latihan dengan cara dikerodong ini minimal 2 X sebulan, tetapi pastikan burung dalam kondisi fit.


MELATIH MENTAL BURUNG DENGAN TERAPI KANDANG BESAR


Sering memasukan burung kedalam kandang umbaran, selain bagus untuk menjaga kebugaran atau kesehatan dari burung juga bisa untuk melatih mental burung. Karena sifatnya yang teritorial maka burung menjadi terbiasa dengan daerah daerah yang luas seperti di habitat aslinya dialam liar. lakukan latihan ini minimal  2 X dalam seminggu.


MELATIH MENTAL BURUNG DENGAN TERAPI EMBUN


Dengan sering mengeluarkan burung di waktu pagi pagi sekali saat fajar sebelum matahari terbit sangat bagus untuk melatih psikologis dan dipercaya bisa mengurangi stres dari burung anda. Cara ini bisa dilakukan setiap hari.

MELATIH MENTAL BURUNG TERAPI UNTHULAN / MANGSA

Yang dimaksud dari unthulan / mangsa adalah memberikan lawan yang ringan yang masih hidup dengan dimasukan kedalam kandang untuk dimangsa atau dibunuh oleh burung anda, cara ini sangat bagus untuk melatih dan meningkatkan mental burung anda dengan terbiasa mengamankan didaerah lokal teritorialnya yaitu didalam kandang. Dan untuk mangsanya bisa memakai cicak, cacing atau burung kecil namun yang masih hidup. lakukan cara ini 1 - 2 bulan sekali.

Lakukan terapi terapi diatas secara konsisten dan sabar.

Demikian tips atau cara melatih mental burung menjadi petarung, semoga bermanfaat.

“BERBAGI ITU HAPPY”



No comments:

Post a Comment