"BERBAGI ITU HAPPY"

1/08/2018

CARA MELATIH BAKAT TARUNG BURUNG KOLIBRI NINJA

AAN BUDIYANTO | 1/08/2018 |
ZONATIPSINDONESIA. Dalam beberapa pengalaman saat merawat burung kolibri yang baru didapat dari membeli atau dari tangkapan liar, sering kali mendapati kendala kendala. Burung belum mau berkicau, sudah menari atau ngobra tapi tidak mau mengeluarkan suara, atau sebaliknya, sudah berkicau tetapi belum ngobra. Dari kendala kendala diatas, kali ini akan kami bagikan tips atau cara melatih bakat tarung burung kolibri ninja untuk anda. 

Yang pertama bisa dilakukan adalah, membuat komunitas kecil burung kolibri ninja dilingkungan sekitar rumah anda. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda membuat jadwal latihan tentunya. Atau mungkin, anda bisa mendatangi tetangga yang memiliki burung kolibri ninja, untuk diajak latihan bersama. Dan semakin banyak jumlah pesertanya, tentu akan lebih baik. 

CARA MELATIH BURUNG KOLIBRI NINJA CEPAT BERKICAU

Dan untuk melatih burung yang belum berkicau, anda bisa melatihnya dengan menggantangnya dari kejauhan ditempat burung kolibri yang akam dilatih bakat tarungnya. Cukup didengarkan saja suaranya dari kejauhan, hal ini sudah cukup baik merangsang burung yang belum berkicau agar cepat ikutan berkicau. Dan jika burung yang belum berkicau tersebut sudah terpantau berkicau karena cara diatas, selanjutnya anda bisa mengikutkanya dilatihan bakat tarung namun harus secara bertahap. Dan untuk tahapannya jangan terlalu sering dulu, terlalu lama dulu, dan terlalu dekat dulu. Karena burung masih butuh adaptasi untuk menyiapkan mentalnya.

CARA MELATIH BAKAT TARUNG BURUNG KOLIBRI NINJA 

Dan untuk melatih bakatnya bertarung, anda bisa melatihnya seperti diarena latihan bersama, atau tempat lomba, dengan kata lain untuk jaraknya menggantang yang ideal adalah sekitar 1 meter, dan untuk durasinya yang paling ideal adalah selama 15 menit saja, semua hampir sama seperti sedang dilombakan. Hanya saja untuk burung yang terpantau tidak berkicau, sebaiknya diambil saja untuk dijauhkan dulu. Dan biasakan hanya diisi oleh burung burung kolibri yang sudah berkicau saja. 
CARA MELATIH BAKAT TARUNG BURUNG KOLIBRI NINJA

Dan untuk catatan penting, jangan pernah membiasakan melatih burung burung kolibri anda dibawah secara dekat, atau dengan istilah lain ditrek dekat dibawah. Karena hal tersebut tidak baik untuk karakter burung kolibri anda. Lakukan cara ini 1 S/D 2 kali dalam seminggu.

CARA MENGATASI BURUNG KOLIBRI YANG KETIKA DILATIH HANYA NGOBRA DAN TIDAK MENGELUARKAN SUARA

Salah satu faktor pendukung latihan bakat tarung burung kolibri, yang sangat membantu adalah di faktor makanan. Pengalaman, ketika melatih bakat burung kolibri, ada burung yang mengalami kendala, yaitu hanya menari atau ngobra namun tidak berkicau, atau tidak mengeluarkan suara. Dan untuk solusinya yaitu memberikan makanan terbaik untuk burung kolibri. untuk pakan harian bisa diberikan seperti biasa, namun satu hari sebelum latihan, wajib diberikan makanan pendongkrak stamina dan birahi. Dan seperti pengalaman yang sudah terjadi, untuk makanan tersebut terdapat dalam kroto dan madu. Dan hasilnya, ketika cara tersebut diterapkan, burungpun ngobra sambil mengeluarkan suaranya. Dan makanan tersebut memang menjadi pengalaman sendiri, ketika mengatasi masalah burung yang hanya ngobra dan tidak mengeluarkan suara. Tetapi untuk jenis makanannya, anda bisa mencoba menggunakan setingan tersebut, atau menggunakan makanan yang lain. Intinya berikan makanan terbaik 1 hari sebelum dilatih. 
Demikian tips atau cara melatih bakat tarung burung kolibri ninja. Semoga bermanfaat.
"BERBAGI ITU HAPPY"

1 comment: