"BERBAGI ITU HAPPY"

12/26/2017

CARA MENGATASI BURUNG LOVEBIRD BIRAHI

AAN BUDIYANTO | 12/26/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Mengatasi burung lovebird birahi memang bisa dikatakan gampang gampang susah, karena hal tersebut memang sudah pernah saya alami, saat memelihara burung lovebird, dan tentunya sempat membuat hampir frusrasi dibuatnya. 

Dan artikel kali ini, akan saya bagikan tips atau cara mengatasi burung lovebird birahi seperti pengalaman saat merawat burung lovebird.

Sebelum ke cara perawatannya, akan saya sampaikan sedikit ciri ciri burung lovebird yang birahi, 
Burung lovebird yang birahi bisa ditandai dengan ciri ciri salah satunya adalah menjadi lebih agresif atau galak. Untuk lovebird galak sendiri, memang ada 2 jenis yaitu galak karena karakter dan galak karena birahi, dan galak yang dikarenakan birahi ini memang bisa terjadi pada burung yang sedang birahi, hal tersebut memang wajar menurut saya, karena burung dalam kondisi psikologis yang labil tentunya. Dan perlu diketahui, sebelumnya burung saya tidak memiliki karakter galak seperti mengejar dan mematuk tangan saya ketika sedang mengganti pakan atau minuman. Dan hal tersebut terjadi ketika usia burung sudah mapan yaitu sekitar usia 1 tahunan.
Dan untuk ciri ciri yang lainya adalah, burung lebih sering ngembangin bulunya ketika saya dekatin atau coba saya goda, Selain itu untuk aktifitas yang sering nebok atau turun kebawah dan aktifitas ngeruji atau gigitin jari jari kandang, juga terpantau lebih sering terjadi. 
Melihat perubahan karakter tersebut saya mengambil kesimpulan, kalau burung lovebird saya sedang birahi. Dan hal tersebut juga di benarkan oleh kawan kawan saya yang juga memelihara burung lovebird. 

CARA MENGATASI BURUNG LOVBIRD BIRAHI
 BURUNG LOVBIRD BIRAHI

Banyak referensi cara untuk mengatasi burung lovebird birahi, dan saya mencoba untuk berexsperimen, dan hasilnya cara saya ini, luar biasa berhasil. 
Penasaran, langsung saja kita menuju kecara mengatasi burung lovebird birahi, seperti pengalaman saya berikut ini :

MEMASUKAN BURUNG LOVEBIRD BIRAHI KE KANDANG UMBARAN


Memasukan burung lovebird ke kandang umbaran ini, saya lakukan sebenarnya tidak secara segaja, rencananya saya memang ingin mengawinkan atau menjodohkan burung lovebird tersebut. Tetapi, saya melihat burung lovebird saya sangat menyukai aktifitas ini,  selain itu, saya juga tetap membiarkan burung lovebird dikandang umbaran tersebut dalam waktu yang lama, termasuk ketika malam hari memang saya biarkan dikandang umbaran tersebut dan salah satu tujuannya memang untuk proses pengembunan, karena kandang umbaran saya memang berada diluar rumah, dan tentunya sudah aman dari gangguan gangguan yang tidak diinginkan.
Termasuk juga saat memandikannya pun di dalam kandang umbaran tersebut, hanya saja saya berikan tempat untuk mandi yang agak besar, semacam nampan dari plastik agar bisa mandi sendiri dengan puas, meskipun saya juga tetap menyemprotnya dengan sprayer lembut, untuk merangsangnya agar mandi sendiri. 
Setelah satu minggu dikandang umbaran, saya mengambilnya untuk saya masukan ke sangkar harian. Dan yang terjadi, burung sudah sangat berkurang galaknya. dan untuk kicauan ngekeknya juga sudah stabil kembali.

Sebagai catatan, untuk kandang umbaran bisa anda gunakan menggunakan kandang ternak yang tentunya cukup besar, agar burung sedikit  merasakan kebebasan, dan semakin besar kandang umbarannya semakin baik. 


MEMBERIKAN MAKANAN YANG TIDAK MEMICU BIRAHI BURUNG LOVEBIRD.


Banyak saran untuk memberikan makanan tertentu untuk menurunkan birahi kepada burung lovebird, dan salah satunya adalah timun. Kebetulan burung lovebird saya memang terbilang sangat doyan makanan makan yang diluar kebiasaannya, dan ketika saya berikan timun pun juga dimakan, meskipun tidak terlalu doyan. Tetapi jika burung anda tidak terbiasa atau doyan makan timun, anda bisa mengambil airnya untuk dipakai sebagai air minumnya. Dan untuk biji bijian, saya hanya memberikan milet putih saja, tetapi untuk makanan yang memicu OB seperti kangkung, Apel merah, biji bijian tertentu, memang waktu itu tidak saya berikan selama proses tersebut berlangsung. 

Dan sebagai rangkuman dari semua perawatan dalam mengatasi burung lovebird birahi adalah :
  1. Perawatan di kandang umbaran.
  2. Pengembunan secara rutin. 
  3. Pemandian secara rutin.
  4. Dan yang terakhir adalah, mengkontrol pemberian makanan yang merangsang birahi burung lovebird.
Demikian perawatan untuk mengatasi burung lovebird over birahi, semoga bermanfaat.
"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment