"BERBAGI ITU HAPPY"

2/08/2018

CARA MENGATASI MENTAL BURUNG KACER YANG TURUN

AAN BUDIYANTO | 2/08/2018 |
ZONATIPSINDONESIA. Salah satu faktor penting memahami kondisi kacer siap untuk dilombakan adalah di faktor mental. Kami sampaikan artikel ini dengan pemahaman burung anda sudah siap dalam faktor pendukung untuk lomba lainya yaitu, faktor emosi dan birahi. 

Dan untuk ciri ciri perilaku burung kacer yang mentalnya turun adalah ketika dilombakan burung terpantau sedang tidak dalam performa atau penampilan terbaiknya, tetapi cenderung dalam kondisi perilaku yang negatif seperti diam saat dilombakan, mbagong, cenderung banyak gerak atau ngeruji. Hal tersebut salah satunya bisa disebabkan oleh mentalnya yang sedang kurang baik, turun, atau ngdrop. Dan untuk mental yang turun atau ngdrop sediri bisa disebabkan oleh beberapa sebab, namun secara umum kami sampaikan yang sering menjadi pemicunya yaitu stamina yang kurang fit, atau sehat. 

Dan untuk perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah sebagai berikut :


CEK KONDISI KESEHATAN BURUNG KACER


Cara paling mudah adalah dengan melihat bentuk dan kondisi kotorannya, untuk burung kacer yang sehat atau dalam kondisi yang baik dan tidak stres, kotoranya akan bersifat padat. Dan jika melihat kondisi kontoran yang bentuknya cair, minimal burung dalam keadaan stres karena suatu hal dan kurang fit atau sakit. 
Dan bila dilihat dari gerak geriknya, burung kacer yang kondisinya kurang baik terlihat kurang gairah, dan hal tersebut juga bisa berimbas pada suara kicauanya yang sedikit berkurang.
Dan jika dilihat dari ciri fisiknya pada bagian matanya sedikit menjadi sayu atau sendu dan kurang bersinar, dan terlihat ngantuk. Dilihat dari warna bulunya, juga kurang cerah atau mengkilap. Dan jika kondisi burung mengalami hal tersebut sudah sangat pasti akan sangat mempengaruhi fisiknya dan akan mengganggu mentalnya. Memberikan vitamin burung juga sangat disarankan bila kondisi burung terpantau sedang sakit. Dan pemberian pakan yang bernutrisi baik sangat disarankan. 


MENGISOLASI ATAU MENGKARANTINA BURUNG KACER


Langkah selanjutnya adalah dengan mengisolasi atau mengkarantina burung kacer yang mentalnya turun tersebut ke tempat yang tenang dan nyaman. Masukan ke ruangan karantina, atau tempat yang anda anggap tenang dan nyaman. Tujuanya adalah untuk menghindarkan burung dari gangguan gangguan penyebab stres yang bisa menyebabkan kondisinya semakin parah. 
Sebisa mungkin jauhkan dari burung burung lain yang sejenis atau burung lain yang bersifat figter, ngotot tidak mau kalah ketika berkicau. Hal ini bertujuan agar burung tidak terganggu dan terpacing dengam suara burung lain tersebut. Dan jika ingin didekatkan dengan burung lain, sebaiknya dekatkan dengan burung yang tidak memiliki sifat teritorial alias bersifat koloni saja seperti lovebird, kenari, dll


MENGISTIRAHATKAN BURUNG KACER


Jangan melatihnya dulu dalam bentuk latihan apapun kepada burung anda yang sedang mengalami gangguan mental tersebut. Karena hal tersebut kurang membantu masa pemulihan mentalnya. Lakukan masa istirahat ini, sampai dengan burung terpantau minimal memiliki ciri ciri seperti burung yang sudah sehat secara fisik.

CARA MENGATASI MENTAL BURUNG KACER YANG TURUN
Burung kacer dengan mental siap lomba



BERIKAN PERAWATAN YANG KONSISTEN KEPADA BURUNG KACER


Perawatan secara konsisten sangat diperlukan untuk burung yang mentalnya turun atau ngdrop. berikan pakan yang bernutrisi baik, jagalah kebesihan kandangnya, penjemuran dan pemandian tetap bisa dilakukan namun dengan catatan jangan terlalu berlebihan atau seperlunya aja dengan melihat kondisinya. Tetapi untuk kondisi burung yang sakit, sebaiknya untuk pemandian dihentikan dulu sementara waktu, sampai kondisinya membaik. 

Dan catatan dari perawatan ini sebenarnya adalah jangan pernah kendor dalam merawat burung kacer anda, apapun yang terjadi. Dan jika kondisinya sudah kembali fit, perawatan yang dilakukan selanjutnya, sangat disarankan untuk dilatih dikandang umbaran. Hal ini untuk memulihkan stamina dan mental burung kacer anda.  Selamat mencoba. 

Demikian tips atau cara mengatasi burung kacer yang mentalnya ngdrop atau turun. Semoga bermanfaat.
"BERBAGI ITU HAPPPY"

2 comments:

  1. Mohon info nya om, saya punya kacer beli dari ombyokan, pertama x dirumah full krodong gabung sama trucukan, jalak suren dan kenari di teras rumah masih mau nyaut di pancing oleh mp3, seingat saya sih pas di mandikan burung langsung drop dan gak mau bersuara plong malah ngeriwik itu pun kalo setelah selesai mandi, pakannya masih tahapan pengevoeran, campurannya keseringan jangkrik dan ulat hongkong, karna susah menemukan kroto di tempat saya, kondisi burungnya malah sering tidur di siang hari dan suka ngegembung kan bulunya, mohon pencerahan dan tips perawatannya om 😇

    ReplyDelete
  2. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL


    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ

    Daftar SahabatQQ
    #sahabatQQ #winsahabat #windaftar #AgenBandarQ #Domino99 #DominoQQ #Rajakartu99 #IDPRO

    ReplyDelete