"BERBAGI ITU HAPPY"

3/07/2018

CARA MENGATASI BURUNG CENDET MACET BUNYI

AAN BUDIYANTO | 3/07/2018 |
ZONATIPSINDONESIA. Banyak faktor yang menyebabkan burung cendet macet bunyi, atau berkicau. Dan cara mengatasinya pun, juga berbeda beda pula caranya, dan harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Dan artikel kali ini, akan kami sampaikan pengalaman kami dalam mengatasi burung cendet macet bunyi, sesuai dengan faktor penyebabnya.

BURUNG CENDET MACET BUNYI KARENA PINDAH / GANTI TEMPAT / PEMILIK


Kasus ini biasanya terjadi ketika kita baru membeli burung cendet dewasa dari orang lain, dan memboyongnya kerumah untuk di pelihara dirumah. Jika sampai burung cendet tidak mau berkicau alias macet, sangat sering terjadi pada para cendet mania. Kenapa hal tersebut bisa terjadi ?
Banyak faktor tentunya, namun yang paling tepat adalah karena burung sedang dalam kondisi stres. Dan stres ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Stres perjalanan

Saat perjalanan, bisa jadi burung mengalami goncangan dsb, selain itu bisa disebabkan karena tidak terbiasa dengan perjalanan menggunakan kendaraan dll, dan akhirnya burung mengalami kelelahan dan stres.
Dan untuk mengatasinya, sebaiknya ketika baru membeli burung cendet jangan langsung membuka kerodongnya dulu, meskipun air minum dan air makannya habis tumpah ketika dalam perjalanan. Tetapi biarkan saja burung tenang didalam kerodong, sampai dengan beberapa waktu. atau sampai anda yakin burung sudah tenang kondisinya. Karena jika dipaksakan akan sangat fatal, yaitu burung akan sangat takut atau trauma dengan wajah anda dan bisa menganggap anda sebagai pengganggu. dan bila hal tersebut terjadi, untuk proses pemulihanya bisa memakan waktu yang lebih lama, karena burung sudah terlanjur takut dengan anda yang dianggap pengganggu.

Stres lingkungan baru

Perbedaan cuaca, suasana dan kondisi lingkungan baru bagi cendet yang baru kita beli tersebut bisa mengakibatkan burung stres dan akhirnya macet bunyi, Pengalaman kami, burung cendet yang kami beli stres hanya gara gara hal yang sepele, yaitu takut dengan lampu warna hijau dari saklar meteran listrik dirumah kami. Hal tersebut terpantau ketika burung kami gantang didekat meteran tersebut pasti langsung menjadi liar tidak aturan, meskipun kami kerodong.
Dan untuk mengatasi permasalahan ini, kami mengenalkan dengan lingkungan barunya untuk adaptasi dengan pelan pelan, meskipun sempat memakan waktu 15 hari untuk mengatasinya, hingga bisa kembali lagi seperti semula ditempat pemiliknya yamg lama.

Stres berganti pola makan

CARA MENGATASI BURUNG CENDET MACET BUNYI

Setelan atau setingan pola makan sangat disarankam untuk tidak dirubah. Samakan setingan pola makanya sama seperti saat di pemilik lamanya. Anda wajib menanyakan kepada pemilik lamanya setingan pola makanannya. Sehingga anda bisa menerapkannya dirumah anda.
Setingan dan pola makanan ini meliputi, jenis dan merk pakan, jumlah pemberian pakan, waktu memberi makan dan lain lain, bisa termasuk perawatan harianya seperti mandi, jemur,  dan kerodong. Karena hal tersebut sangat penting.

Ketiga faktor pemicu stres burung cendet karena baru beli dan pindah tempat dan pemilik diatas, menjadi pemicu burung menjadi stres. Dan bisa anda gunakan untuk pengetahuan dalam merawat atau mengatasinya.
Dan berikut ini tips atau cara mengajari burung bisa beradaptasi ditempat barunya, ketika baru membeli burung cendet.
1. Kenalkan burung cendet dengan diri anda.
Cara paling ampuh adalah dengan melolohnya sementara dengan jangkrik langsung mengunakan tangan kepada burung cendet tersebut. Sampai burung merasa kenal dan nyaman dengan anda
2. Kenalkan dengan tempat atau barang barang yang ditakutinya dengan pelan pelan
Dan bila perlu jauhkan atau hilangkan benda yang menyebabkan burung cendet tersebut tersebut trauma di tempat baru
3. Menggantangnya di tempat yang paling nyaman dulu dan yang sekiranya bisa membuat burung cepat beradaptasi.

Demikian tips atau cara memngatasi burung cendet yang macet karena pindah tempat atau baru beli. Semoga bermanfaat
"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment