"BERBAGI ITU HAPPY"

7/25/2018

MEMAHAMI KARAKTER BURUNG CENDET

AAN BUDIYANTO | 7/25/2018 |
ZONATIPSINDONESIA. Memahami dan mengenal karakter burung cendet sangat diperlukan untuk memaksimalkan perawatan yang terbaik untuk burung cendet anda, dan tentunya tujuan akhirnya adalah untuk memaksimalkan penampilannya. Dan berikut ini karakter burung cendet yang akan kami bagikan untuk anda pecinta burung cendet.

BERSIFAT FIGTER ATAU PETARUNG DAN TERITORIAL

Sifat utama burung cendet adalah sangat figter, atau berjiwa petarung. Hal ini erat kaitanya dengan sifat aslinya dihabitatnya yang sangat agersif ketika menjaga sarang (khusunya) dan wilayah kekuasaanya. Jangankan dengan burung sejenis dengan burung burung lain jenis atau bahkan dengan manusia sekalipun, ketika ada yang mengganggu sarangnya tentu akan dilawanya.. Sama halnya ketika kita pelihara dirumah burung cendet masih membawa sifat tersebut.
Tetapi yang perlu diingat ketika dirawat oleh manusia tentunya hal tersebut sudah sangat jauh berbeda dan sangat merubah psikologisnya. Sehingga anda harus bisa membedakan burung cendet yang bermental figter yang baik dan bukan. Dan berikut ini perbedaan mudahnya yang bisa anda gunakan untuk memilih atau ingin memelihara burung cendet yang bermental figter.

KICAUAN

Burung figter ketika diusia muda memiliki respon yang cepat ketika mendengar burung cendet lain berkicau, Meskipun hanya mengimbangi berkicau dengan sebentar saja.
Burung non figter ketika mendengar kicauan burung cendet lain terlihat cuek dan responya lambat. Tetapi ketika sudah berkicau durasinya sangat panjang tanpa menghiraukan kicauan burung lain.

GAYA TUBUH

Burung cendet figter ketika berkicau memiliki bahasa tubuh atau gaya badan ditegapkan sehingga kakinya tampak lurus dengan badanya. dan tampak ngotot. serta mencoba membawakan isian lagu yang sama seperti yang sedang dibawakan burung cendet lain.
Burung cendet non figter ketika berkicau sering terpantau berkicau sabil melekatkan badanya dengan kaki, sehingga terlihat seperti berkicau sambil malas malasan diatas tangkringan, dan sangat betah berkicau atau berkicau sangat lama. Selain itu cenderung tidak ingin mengikuti jenis isian burung cendet lain ketika diadu atau dilatih.

VOLUME BURUNG CENDET

Pengalaman merawat burung cendet yang usianya sama dari anakan, untuk masalah volume suara masing masing memiliki volume yang maksimal dalam usia yang berbeda beda, 4 ekor burung cendet masing masing burung dalam perawatan yang sama semuanya berbeda beda waktunya ada yang berusia 6 bulan sudah maksimal tetapi ada yang berusia 9 bulan baru maksimal. Jadi jangan khawatir bila mengetahui volume burung cendet anda belum bersuara keras, mungkin bisa ditunggu sampai waktunya tiba, Tetapi memang ada juga burung cendet yang memiliki karakter suara yang lemah, tetapi hal tersebut bukankah sebuah kekurangan. Karena pasti akan ada kelebihan didalamya, bisa memiliki durasi yang baik, atau yang lainya.

SUARA KICAUAN YANG VARIATIF

Memiliki kemampuan dengan berkicau secara lengkap, dengan speed yang rapat, ngeroll dan nembak bisa dibawakan oleh burung cendet dengan baik. sudah banyak contoh contoh suara yang sangat dahsyat dan istimewa dimiliki oleh burung cendet yang berhasil direkam oleh para master cendet mania sebagai buktinya. Dan untuk cara pemasteran yang baik dan benar sangat menentukan keberhasilannya. Dan salah satu cara yang sangat jitu dengan melihat perilaku dan karakter burung cendet ketika di dekatkan dengan burung lain untuk diadu suaranya adalah, ketika salah satu burung membawakan suara burung gereja sebagai contohnya, maka burung cendet yang lainya juga akan mengikuti atau mencoba membawakan suara tersebut, tetapi jika belum bisa membawakan suara tersebut  biasanya hanya diam atau hanya seperti sedang mendengarkan saja. Jadi saran kami berikan pemasteran dengan burung asli, karena burung cendet adalah peniru suara burung lain yang sangat handal.

EMOSI, BIRAHI, DAN MENTAL BURUNG CENDET

Burung cendet dengan sifat teritorialnya memang sangat mudah emosi, selain itu juga sangat mudah birahi, sehingga mentalnya juga mudah dan sering terganggu dan mudah stres. Ketiga faktor tersebut jika sedang tidak stabil yang sering menjadikan burung cendet mengalami gangguan dan akhirnya stres atau macet bunyi, jadi jangan heran. Sebagai contoh, hanya karena pindah tempat atau ganti pemilik sering sekali burung cendet mengalami macet bunyi untuk beberapa waktu atau mungkin nyaris terlihat tanpa sebab, tiba tiba burung menjadi macet bunyi. Tetapi jika anda bisa memaklumi dan dengan kesabaran kami yakin masalah tersebut bisa diatasi pula dengan baik. Perhatikan perilakunya dengan teliti, pahamilah perubahan birahinya dan emosinya, karena cara tersebutlah yang paling ampuh dalam merawat burung cendet. Jangan mudah menyerah dalam memahami dan mengenal karakter burung cendet anda dirumah.

Kurang lebih demikian pengalaman kami dalam mengenal dan memahami karakter burung cendet. Semoga bermanfaat.
"BERBAGI ITU HAPPY"

2 comments:

  1. Lucky Club Casino Site - Play Slots Online at Lucky Club
    Lucky Club is luckyclub.live a UK-based gambling site established in 2013 and managed by independent gambling operator LuckyClub Limited. The site was launched in 2018

    ReplyDelete