"BERBAGI ITU HAPPY"

12/13/2017

KESALAHAN FATAL YANG HARUS DIHINDARI DALAM PERAWATAN BURUNG

AAN BUDIYANTO | 12/13/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Kurangnya pengetahuan dalam perawatan burung bisa mengakibatkan kesalahan perawatan yang bisa mengakibatkan burung menjadi rusak / penurunan performa dll. 

Artikel kali ini akan saya sampaikan pengalaman dan kesalahan saya dalam perawatan burung yang bisa anda dihindari. 

KURANG ISTIRAHAT DALAM MASA MABUNG / MOLTING / GANTI BULU

Pada masa ini banyak yang masih belum mengetahui manfaat dari istirahat total ketika masa mabung, berbeda halnya jika kondisi burung dialam liar, mereka tercukupi kebutuhan nutrisi dalam makananya sehingga lebih memiliki kekebalan tubuh, stamina dan daya tahan tubuh yang bagus untuk tubuh mereka, terutama untuk bulunya.
Rata rata dialam liar proses ganti bulu atau mabung burung dialam liar berjalan secara alami, segingga prosesnya bisa sempurna, dan untuk perawatan burung oleh manusia burung dalam masa mabung ini harus beristirahat dengan sempurna dikarenakan burung dalam kondisi ngdrop atau labil, sehingga membutuhkan nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup untuk menyelesaikan masa mabungnya. Dan hal hal yang diperlukan untuk merawat burung dalam masa mabung ini adalah :
  1. Memberikan atau menambahkan makanan atau nutrisi tang baik, terutama kroto
  2. Mengistirahatkan atau memberikan waktu istirahat burung dengan lebih (kerodong)
  3. Tidak melatihnya dulu meskipun hanya sebentar. 
  4. Tidak mengajak atau membawa dalam perjalanan dengan kendaraan
Cara diatas harus benar benar diterapkan ketika masa mabung ini. Dan jika tetap dipaksakan maka hasilnya sangat fatal.

Dan pengalaman yang terjadi pada burung ketika saya paksakan ikut latber adalah burung menjadi minder, atau sifat figternya berkurang sangat jauh dan macet. 


KESALAHAN PENJEMURAN

Memberikan waktu dalam sehari untuk menjemur burung secara cukup, tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Dan waktu yang ideal untuk penjemuran burung dengan sinar matahari langsung adalah 1 S/D 2 jam, selebihnya bisa di angin anginkan, atau di taruh ditempat yang teduh dan nyaman. Dan dampak yang sering terjadi ketika menjemur secara berlebihan adalah rusaknya bulu, gangguan pada pita suara, dan stress. sedangkan dampak untuk kurangnya penjemuran untuk burung adalah kurang fit, mudah sakit dan stres. Jangan ada kesalahan ini saat menjemur burung, daripada anda menyesalinya. 

Pengalaman pribadi saya terjadi karena seringnya kelalaian saya saat menjemur burung dari pagi hingga sore hari, awalnya burung masih seperti biasa, tidak nampak ada kelainan. Sampai akhirnya burung saya mengalami semangat berkicau dan terpantau ada permasalahan dibagian nafasnya. Dan disampaikan kawan saya yang berpengalaman hal tersebut terjadi gara gara kesalahan saat menjemur burung yang terlalu lama.


PEMANDIAN DAN KEBERSIHAN KANDANG


Fungsi dari pemandian sendiri selain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung, lebih terlihat dari kedekatan anda mengenal karakter burung anda sendiri. Karena dengan memandikan dan membersihkan kandang burung, anda akan senantiasa memberikan perhatian dan kontak langsung yang baik sehingga secara tidak langsung anda dan burung anda akan saling mengenal. Carilah waktu waktu yang tepat untuk menjadwal mandi burung anda dan tentunya waktu yang paling disukai atau dibutuhkan burung anda untuk mandi.
Jangan pernah mengabaikan faktor perawatan mandi dan kebersihan kadang ini kepada burung anda, karena mengenal karakter burung sangat penting untuk membuat burung menjadi moncer sesuai dengan sifat dan karakter burung, sehingga akan memudahkan anda untuk merawatnya.

dampak dari mengabaikan faktor ini adalah burung kurang moncer dan terawat. Hal ini biasa terjadi kepada burung burung masteran, karena sering dianggap sebagai ban serep, terkadang burung burung ini terlupakan perawatannya. Mungkin juga karena rasa malas atau jemu yang kadang kadang datang saat kita lagi bad mood, hal ini juga sering berimbas kepada burung sehingga menjadi ikut ikutan stres.

MAKANAN DAN MINUMAN 

Sering mengganti atau merubah rubah setelan makanan burung merupakan salah satu faktor yang secara tidak langsung akan mengganggu psikologis burung anda, kebutuhan makanan dengan setelan yang sudah pas bisa membuat burung anda nyaman dengan perawatan anda. Dan cara yang tepat sebenarnya adalah hanya memastikan kebutuhan akan nutrisi bagi burung anda tercukupi dengan baik, 
Sebagai contoh kecil ketika anda terbiasa terlambat dalam memberikan makanan dan minuman burung saja hal ini akan sangat berpengaruh kepada burung anda, dan hal yang sering terjadi adalah burung menjadi macet seperti marah atau ngambek sehingga menjadi kebiasaan yang sangat tidak baik dari burung.
Jadi mengutamakan kenyamanan diperawatan makanan dan minuman sangat penting untuk dilakukan.
Dampak dari mengabaikan faktor ini adalah burung menjadi stres dan kurang moncer.

MEMANJAKAN BURUNG

Sesuatu yang berlebihan memang kurang baik, seperti halnya dengan merawat burung. Dalam hal ini biasanya sering terjadi pada burung yang jinak yang dirawat dari anakan, seperti cendet, murai batu, kacer, dll. Perawatan yang terlalu memanjakan burung dengan memberikan makanan yang sering disuapi dengan tangan, pemberian pakan yang tidak teratur, sering mengajari atau menggoda burung untuk berkicau dengan tangan, dan yang paling parah adalah memberikan makanan yang tidak alami atau natural, kepada burung (doping). Sebaiknya cara cara tersebut anda hindari.

Demikian beberapa kesalahan yang pernah saya lakukan, dan hal tersebut benar benar sebuah kesalahan fatal, dan mengakibatkan burung saya rusak, dan hasilnya kurang maksimal, semoga bermanfaat. Dan tidak terjadi pada burung anda. Jika berkenan silahkan digunakan atau dibagikan kepada teman kita yang membutuhkan pengalaman ini, tetapi jika tidak berkenan, abaikan saja.

"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment