"BERBAGI ITU HAPPY"

12/19/2017

HINDARI KEBIASAAN SALAH INI DALAM MERAWAT BURUNG LOVEBIRD

AAN BUDIYANTO | 12/19/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Terkadang secara tidak disadari dalam merawat burung lovebird, entah itu secara tidak sengaja, ataupun karena alasan lainya, sering terjadi kesalahan didalamnya. Dan yang sering dilakukan oleh perawat burung lovebird ini, termasuk dalam kategori sering dilakukan, dan salah satunya adalah dikarenakan minimnya pengalaman (pemula) dalam merawat burung lovebird. 
Berikut ini kesalahan yang harus anda hindari dalam merawat burung lovebird agar semakin moncer atau rajin berkicau NGEKEK.

PERAWATAN MANDI

Sangat diharuskan memandikan burung dari jenis burung yang memiliki sifat koloni seperti salah satunya adalah burung lovebird ini. Perawatan ketika dari anakan maupun sudah dewasa sangat disarankan untuk dilakukan pemandian sampai dengan basah kuyub. Namun yang perlu diperhatikan adalah, cara pemandiannya yang harus berhati hati, karena untuk lubang hidung dan telinga burung lovebird, harus diusahakan tidak kemasukan air. Dan bila hal tersebut terjadi, biasanya burung akan berkurang bunyinya, atau mogok dan bahkan bisa sakit. 
Pengalaman yang pernah saya alami, ketika masih baru dalam memelihara burung lovebird, saya sangat sering memandikan burung, dan waktu itu burung terpantau sering ngekek, dan bahkan ada grafik nambah durasinya. Tetapi seiring berjalannya waktu dan kesibukan yang saya miliki, saya menjadi jarang dan malas dalam memandikan burung lovebird saya, dan hasilnya pelan tapi pasti intensitas bunyinya berkurang, bahkan sampai dengan dalam 1 hari tidak terpantau ngekek sekalipun.

Jika ingin tetap moncer, jangan pernah mengabaikan perawatan mandi ini, sangat penting memandikan burung lovebird sampai basah, secara rutin. Lakukan pemandian burung lovebird secara konsisten, dan bila perlu buatkan jadwal rutin untuk pemandiannya. 

PERAWATAN MAKANAN

Dalam hal ini yang sering terjadi adalah, pemberian pakan burung lovebird yang tidak sesuai, atau pas. Sebagai contoh, pemberian EF jenis sayuran yang merangsang OB dari burung lovebird jenis kangkung, bila diberikan secara berlebihan sangat tidak bagus, terlebih hanya kangkung saja menu yang diberikan setiap harinya. Dan perlu diketahui, menangani OB burung lovebird sangat susah dilakukan. Contoh yang kedua adalah, pemberian jagung yang berlebihan akan mengakibatkan burung menjadi kegemukan, dan resikonya adalah burung menjadi malas berkicau. 
Jadi saran saya, pemberian EF jenis sayur ini sangat bagus diberikan, tetapi pemberian dalam jumlah yang pas atau secukupnya saja. Dan yang terpenting lagi adalah pemberian yang secara variatif atau tidak monoton. Bila perlu buatkan jadwal pemberian pakan secara teratur, agar lebih terpantau kebutuhan nutrisinya.
MERAWAT BURUNG LOVEBIRD

TIDAK ADA BURUNG SEJENIS

Perlu diketahui, sifat dari burung lovebird adalah burung koloni. Dan sangat berbeda sekali dengan burung jenis teritorial yang mana, sangat bagus untuk tidak sering bertemu dengan burung sejenis. Dalam perawatan yang saya lakukan, lengkap sudah kesalahan perawatan saya dalam merawat burung lovebird, yaitu tidak adanya burung lovebird lain dirumah. Ketika saya ikutkan dalam arena latihan bersama, yang sering terjadi adalah performa burung sangat parah dan tidak memuaskan.

Dan ending dari SEMUA kesalahan perawatan harian burung lovebird saya tersebut adalah, burung menjadi tidak terawat, sakit dan nyaris mati.

Yang lebih harus dilakukan dalam merawat burung lovebird sebenarnya adalah, bentuk perhatian anda kepada burung. Mengenali karakternya akan lebih menjadikannya mudah moncer. Mengenali tiap kondisinya di top performa, dan masih banyak lagi. Jadi sayangi burung anda, dan jangan sekali kali menelantarkanya, karena sudah terbukti sangat tidak baik efeknya. Dan bentuk perlakuan perawatan ini bisa juga berlaku untuk burung jenis lain, selain burung lovebird. 

Demikian artikel tentang kesalahan yang harus dihindari dalam merawat burung lovebird berdasarkan pengalaman yang sudah pernah saya alami, semoga hal ini tidak terjadi kepada anda. Dan semoga bermanfaat.
"BERBAGI ITU HAPPY"

3 comments:

  1. Mari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ORG
    Disini mudah menang lohh say..
    Tersedia 8 Games dalam 1 id
    Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
    Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ORG
    Contact :
    BBM : D8B8BD43
    Line : wedeqq
    WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
    Tunggu apa lagi sayy
    Ayoo daftar di WDQQ . ORG

    ReplyDelete