"BERBAGI ITU HAPPY"

11/24/2017

CARA AKURAT MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN BURUNG PLECI

AAN BUDIYANTO | 11/24/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Sering jalan jalan atau berkunjung ke pasar atau kios kios burung, kita terkadang melihat burung pleci yang dijual secara ombyokan. Sangat ramai orang orang pada memilih atau memantau untuk memilihnya, terkadang disinilah awal kita bisa tertarik untuk memelihara burung mungil dan lincah tersebut.

Namun kesulitan terjadi ketika kita ingin memilih dan membeli burung pleci yang berjenis kelamin jantan, sehingga ragu ragu untuk memelihnya. 
Berikut ini akan saya sampaikan tips atau cara mudah membedakan jenis kelamin burung pleci secara mudah.


Jenis kelamin burung pleci sangat mudah dibedakan dengan melihat ciri ciri yang ada di bawah perut dengan cara memegangnya. 
Lihat gambar dibawah ini


CARA MUDAH MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN BURUNG PLECI
Untuk burung pleci jantan memiliki ciri ciri :
  • VEN BURUNG PLECI JANTAN
Terlihat lebih tegak lebih panjang dan tampak menonjol atau berdiri atau vertikal
  • VENS BURUNG PLECI BETINA
Terlihat lebih pendek dan sering tampak datar, atau horizontal 
  • PERUT BURUNG PLECI JANTAN
CARA MUDAH MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN BURUNG PLECI
Gambar burung pleci jenis kelamin jantan
Terlihat jaraknya sangat renggang atau jauh dari vens dengan tulang dada sehingga perut terlihat kempis dan tidak gendut
  • PERUT BURUNG PLECI BETINA 
Terlihat jaraknya sangat sempit atau dekat dengan vens sehingga rata rata terlihat lebih gembung atau gendut.
CARA MUDAH MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN BURUNG PLECI
Gambar burung pleci jenis kelamin betina

Namun dalam beberapa kasus, untuk jenis perut yang gendut bisa juga terjadi pada jenis kelamin jantan, dan untuk penjelasan contoh burung pleci jantan yang over gendut lihat gambar dibawah ini
CARA MUDAH MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN BURUNG PLECI
Gambar burung pleci gendut jenis kelamin jantan

Jarak antara pen dengan dada terlihat jauh, namun perut terlihat sangat gendut, hal ini bisa terjadi bila burung pleci jantan dalam kondisi kegemukan ketika dirawat oleh manusia, dan sangat jarang terjadi pada burung yang baru didapat dari hasil dari tangkapan liar. Jadi yang harus menjadi catatan penting sebenarnya di jarak vens dengan dada yang renggang. 

Melihat perbedaan ciri ciri burung pleci seperti keterangan diatas dapat disimpulkan juga untuk katuranggan burung pleci jantan secara ciri fisik tanpa memegang burung adalah memiliki postur tubuh lebih panjang dari burung pleci betina. Hal tersebut lebih dikuatkan dengan tulang dada dari burung pleci jantan yang secara rata rata memiliki dada yang lebih panjang pula dari pleci betina. 

Dan ciri ciri yang lain yang bisa digunakan untuk membedakan jenis kelamin burung pleci adalah dari suara panggilan dari burung.
Untuk burung pleci jantan biasanya memiliki suara panggilan "tuiitt" double atau panjang dan melengking tajam. 
Sedangkan untuk betina memiliki suara ciew yang pendek dan tidak double. Sekilas memang hampir sama, tetapi jika anda memperhatikan secara serius akan ada perbedaan nada didalamnya ketika bersaut sautan.

TIPS : ketika ingin membeli burung pleci, usahakan untuk memilih burung dengan paruh yang tipis dan terlihat lebih pipih dari ujung paruh sampai dengan pangkal paruh. Karena pleci tersebut dipercaya akan memiliki suara yang keras, pedas, dan mengkristal.
Bila sedang memilih burung di ombyokan dan memantau burung yang sedang ngriwik, atau berbunyi pelan maka ambilah, karena hal tersebut dipercaya burung memiliki mental yang baik.


Demikian tips / cara membedakan jenis kelamin burung pleci secara mudah, semoga bermanfaat. Dan jika ada tips atau cara lain dalam membedakan jenis kelamin burung pleci bisa ditambahkan dikolom komentar agar membantu dan lebih memudahkan sahabat sahabat kita pleci mania untuk memilih burung pleci. 


"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment