"BERBAGI ITU HAPPY"

11/16/2017

CARA MUDAH MENGAJARI BURUNG KOLIBRI MAKAN KROTO

AAN BUDIYANTO | 11/16/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Manfaat kroto untuk burung kolibri menurut saya sangat penting sekali, seperti artikel artikel saya sebelumnya bahwa kroto sangatlah baik untuk makanan burung kolibri karena fungsi dari kroto sangat bermanfaat untuk penampilan dari burung kolibri itu sendiri.


Dan menurut saya pribadi alasan yang paling realistis masalah pentingnya kroto ini adalah untuk mempermudah membuat variasi makanan untuk burung kolibri. Seperti diketahui bersama dalam perawatan difaktor makanan untuk masing masing orang berbeda beda, hal tersebut disebabkan karena masing masing memiliki pengalaman sendiri sendiri saat merawat burung kolibri mereka.
CARA MUDAH MENGAJARI BURUNG KOLIBRI MAKAN KROTO

Berikut ini contoh kecil pendapat tentang efek samping makanan dari jenis manisan yang disampaikan dari pengalaman kolibri mania saat merawat burung kolibri :
  1. Air susu menyebabkan suara burung kolibri menjadi serak / parau.
  2. Air Madu asli menjadikan bulu burung mudah rusak / rontok
  3. Ada pendapat juga yang mengatakan ketika hanya memberikan manisan air gula akan menyebabkan tubuh burung kolibri menjadi kurus / nyilet
Tetapi hal tersebut terbantahkan dari pengalaman lain yang mengatakan dengan hanya memberikan manisan air gula tidak menyebabkan burung menjadi kurus asalkan juga diberi kroto dan hasilnya burung kolibri pun tetap rajin berkicau atau gacor.


Melihat contoh contoh kecil diatas pokok pembahasannya disini ada pada pentingnya makanan kroto untuk burung kolibri. Karena untuk memastikan pemberian makanan aman dari kemungkinan efek negatif seperti contoh contoh pengalaman diatas tentunya burung kolibri harus mengkonsumsi kroto. Dan solusinya yaitu dengan memberikan makanan secara variatif dengan diberikan secara selang seling untuk makanan jenis manisannya.

Tetapi permasalahannya tidak semua burung kolibri baik itu burung dewasa atau anakan doyan kroto ketika kita memberinya.

Artikel kali ini akan saya sampaikan cara mudah mengajari burung kolibri agar mau makan kroto. Dan berikut ini caranya :

  • Bahan yang harus disiapkan :

Kroto tanpa semut. 
Manisan seperti Air gula / air susu / madu / nektar.
(pilih salah satu saja makanan jenis manisan yang paling disukai)

  • Caranya :

Siapkan air manisan sedikit saja kira kira 1 - 2 ml. (Kira kira 1/2 hari habis) 
Masukan kroto kira kira hampir menutupi air manisan yang sudah disiapkan sebelumnya. Bisa juga diaduk sampai kroto basah oleh air manisan.
Biarkan burung menghabiskan air manisan sampai dengan kering, karena setelah air kering maka burung akan memakan kroto manis yang dicampur di air manisan. Dan saran saya berikan pula kroto yang ditaruh ditempat terpisah dan biasanya bila semua makanan habis maka burung akan memakan juga kroto tersebut.
Lakukan cara ini sampai burung kolibri benar benar terpantau makan kroto yang tidak dicampur dengan air manisan. 
Waktu paling tepat mengajari burung kolibri makan kroto adalah pagi hari setelah dikeluarkan dari rumah untuk dijemur / diangin anginkan. 
Pastikan tidak ada makanan lain selain kroto yang dicampur didalam air manisan tadi.


Bila manisan dan kroto habis dalam setengah hari, bisa ditambahi lagi sama seperti cara diatas. Dan untuk hari hari berikutnya jumlah kroto dan manisan bisa ditambahkan jumlahya sampai dengan anda yakin burung kolibri anda doyan makan kroto.

Pengalaman saya mengajari burung kolibri saya makan kroto membutuhkan waktu paling lama 3 hari

Hari pertama saya mencampur kroto dengan susu kental manis, tetapi sama sekali tidak disentuh oleh burung kolibri saya, kemungkinan karena ada air gula yang juga saya berikan waktu itu, karena saya perhatikan burung kolibri saya lebih suka makan air gula dari pada susu.

Hari kedua diwaktu pagi hari sekitar jam 06.00 saya keluarkan burung kolibri saya dan saya ambil semua makanan dan hanya saya beri air gula sedikit dan saya campur dengan kroto, setelah saya perhatikan burung kolibri saya hanya menghabiskan air gula saja, tetapi tetap saya biarkan, akhirnya sekitar jam 09.00 burung kolibri saya terpantau makan kroto manis. Mungkin dikarenakan tidak ada makanan lain waktu itu dan selanjutnya kembali makanan yang habis tesebut saya tambahi lagi dengan kroto dan air gula. dan air minum. Sampai dengan sore hari kroto dan air gula terpantau berkurang termakan.

Hari ketiga, kembali saya masukan susu kental manis dan kroto namun tanpa dicampur air gula, dan ada hasil tak terduga ternyata burung kolibri muda saya lebih suka makan kroto dari pada air susu kental manisnya. Dan sampai dengan sore hari terpantau kroto habis disikat oleh anakan burung kolibri saya.


Dan begitulan pengalaman saya mengajari anakan burung kolibri saya makan kroto, dan perlu saya sampaikan pula bahwa umur burung kolibri saya waktu itu baru 1 minggu saya rawat hasil beli dari pasar.


Demikian tips / cara mengajari burung kolibri makan kroto, semoga bermanfaat. Dan mungkin bagi anda kurang berkenan sebaiknya diabaikan saja cara ini. Atau mungkin juga bisa berbagi informasi seputar burung kolibri di kolom komentar. 

"BERBAGI ITU HAPPY"

3 comments:

  1. Kolibri ijoan saya mau makan kroto tapi kalau kegedean dia cuma nyicipi trs buang maunnya yang kecil" itu gimana ya cara ngatasinya. Makasih

    ReplyDelete
  2. Kolibri saya gak suka makan kroto gimna carany ya..

    ReplyDelete