"BERBAGI ITU HAPPY"

11/05/2017

CARA MUDAH MEMILIH BAKALAN BURUNG MURAI

AAN BUDIYANTO | 11/05/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Memelihara burung murai yang berkualitas harus memperhatikan berbagai faktor, dan salah satu diantaranya adalah faktor pemilihan bakalan / anakan burung murai yang akan dipelihara. Hal ini penting untuk dipahami karena burung yang berkualitas tentunya memiliki performa yang baik pula.

CARA MUDAH MEMILIH BAKALAN BURUNG MURAI

Artikel kali ini akan saya bagikan tips / cara memilih bakalan burung Murai untuk anda dan diantaranya adalah sebagai berikut :

MEMILIH BAKALAN MUDA


Dengan memilih burung yang masih muda tentunya dengan harapan burung masih bisa dirawat sesuai dengan keinginan anda. Dan untuk perawatanya juga lebih mudah.
Ada 2 jenis bakalan muda burung murai yaitu
  • Bakalan burung murai ternakan
  • Bakalan burung Murai muda hutan
Untuk Bakalan anakan burung murai dari hasil ternakan, lebih mudah dilakukan dan salah satu caranya yaitu dengan MEMILIH TRAH / BIBIT KETURUNAN. Bagi anda yang berminat untuk mencari bakalan dari anakan yang dihasilkan dari peternak, anda bisa melihat kualitas induknya, dari suara, postur tubuh, dan mungkin prestasi dari indukan bila pernah diikutkan dalam lomba burung. Karena dengan mengetahui trah yang bagus kemungkinan besar akan menurun pada anaknya, dan cara ini sangat dipercaya dan sering dipakai oleh para master burung murai dalam memilih bakalan yang baik. Cara ini memang sedikit lebih mahal, namun tidak banyak resiko didalamya.

Dan untuk ciri ciri lainya selebihnya bisa anda dilihat seperti cara memilih bakalan burung murai muda hutan seperti dibawah ini.

MEMILIH BAKALAN BURUNG MURAI MUDA HUTAN


SUARA


  • Suara krek

Dengan memperhatikan suara nyekrek / krek dari bakalan burung murai bisa dilakukan untuk menandai burung tersebut memiliki respon yang baik, hal ini berkaitan dengan keberanian burung murai dalam merespon ancaman. 
Pilihlah burung yang sering mengeluarkan suara krek dobel atau 2X.

  • Ngriwik

Memilih burung murai muda hutan yang sudah dipisah pisah dikandang, lebih memudahkan anda memilihnya yaitu dengan memantau burung tersebut ngiwik, karena burung muda yang sudah ngriwik kemungkinannya adalah burung yang sehat dan tidak stress. sehingga persentase hidupnya lebih tinggi.

POSTUR TUBUH BAKALAN BURUNG MURAI


Postur yang baik akan berpengaruh baik pula pada kemampuannya dalam berkicau, dalam hal ini postur burung murai yabg perlu diperhatikan adalah
  1. Paruh yang panjang
  2. Mata yang melotot / tajam
  3. Kepala yang cepak / kotak
  4. Leher yang panjang menjuntai
  5. Badan yang kencang dan terlihat panjang
  6. Kaki yang panjang dan kuat (disarankan berwarna hitam / trotol belang)
Dan ciri ciri diatas sedikit susah karena membutuhkan perbandingan didalamnya, tetapi cara diatas terkadang bisa dilihat dari gerak gerik atau tingkah laku burung murai ketika nyekrek atau sedang mengangkat kepala.

TINGKAH LAKU BAKALAN BURUNG MURAI


Amatilah tingkah laku bakalan burung murai yang akan anda beli. Burung yang bagus meskipun belum berbunyi sering menegaskan badanya dengan sering mengangkat kepala dan ekornya. hal ini akan menandakan burung tersebut memiliki mental yang pemberani.

BULU YANG TIDAK RUSAK


Burung muda hutan meskipun belum jinak kelebihanya adalah memiliki bulu yang kuat atau jarang patah, hal tersebut dipengaruhi dari faktor gizi dan makanan yang didapat dengan sempurna ketika diloloh oleh induknya. Jadi jangan membeli burung yang bulunya rusak dengan alasan apapun.

"Catatan ciri burung murai yang masih muda pada tengorokanya berwarna putih. dan untuk burung murai dewasa berwarna hitam."

Demikian tips / cara mudah memilih bakalan burung murai, semoga bermanfaat.

"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment