"BERBAGI ITU HAPPY"

11/08/2017

FAKTA MENARIK UNTUK MERAWAT BURUNG KOLIBRI

AAN BUDIYANTO | 11/08/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Fakta fakta menarik dari burung kolibri untuk digunakan dalam perawatan sehari hari burung sangat penting untuk diketahui. Dan di ataranya adalah sebagai berikut :

FAKTA MENARIK UNTUK MERAWAT BURUNG KOLIBRI
Burung-madu-kolibri-ninja

FAKTA SPESIES BURUNG KOLIBRI


Fakta spesies burung madu diIndonesia dengan burung kolibri sebebarnya bukan dari satu family, tetapi sebagian masyarakat Indonesia sudah terlanjur menyebut burung madu ini populer dengan sebutan burung kolibri. Dan untuk fakta yang sebenarnya adalah kedua burug tersebut hanya memiliki hubungan kerabat dekat karena hanya memiliki persamaan tingkah laku. Untuk sebuah pengetahuan penyebutan identitas ini wajib dibenarkan tetapi bagi anda yang terlanjur menyebut burung madu tersebut dengan sebutan kolibri saya kembalikan hal ini kepada anda dalam istilah penyebutannya. Intinya yang perlu diperhatikan adalah jenis ini benar benar memiliki perbedaan yang sangat jauh, baik secara habitat dan lain lainnya.

Tetapi sebelumnya ijinkan saya menyalahi fakta dengan menyebutkan kata burung kolibri dalam menyampaikan artikel tentang burung Madu  di Indonesia ini, selain karena juga sudah terbiasa juga agar mempermudah penyampaian didalamnya.

FAKTA MAKANAN BURUNG KOLIBRI


Fakta burung yang mampu mengubah zat gula menjadi sumber energi ini harus sedikitnya mengkonsumsi nektar atau sari bunga dan madu sebanyak 10 kali dalam 1 jam, jadi perhatikan apakah burung kolibri atau burung madu anda memiliki nafsu makan yang baik, jika iya, bisa dipastikan burung kolibri anda dalam kondisi baik. 
Burung kolibri / burung madu ini sebenarnya menggunakan lidahnya untuk mengambil sari bunga atau madu dalam mengambil makanya, jadi meskipun sebagian ada yang mau makan voer, senantiasa berikan makanan wajib yang natural dan baik seperti di alam liarnya sejenis madu, nektar buatan, susu, dll,.
Dengan memberikan makanan buatan yang mudah rusak / basi sangat disarankan rajin diganti dengan yang baru, termasuk didalamnya membersikan kandang dan burung dengan tepat. Tetapi untuk kebersihan kotoran dan kandang, usahakan dilakukan sesering mungkin /  setiap hari. Hal ini untuk menjaga burung tidak mudah ndrop dan terserang penyakit.

FAKTA BURUNG YANG FIGTER


Fakta burung kecil yang berani melawan burung pemangsa ketika memasuki wilayah teritorialnya menandakan kalau burung kolibri jantan adalah burung yang sangat figter, dan untuk perawatanya memerlukan makanan tambahan (EF) yang mampu menambah staminanya seperti serangga kecil seperti ulat, laba laba (untuk jenis tertentu) atau kroto. Salah satu perawatan terbaik agar burung bisa cepat bunyi adalah dengan menggantangnya di bawah pohon, sehingga sering melihat burung kolibri yang masih liar sehingga bisa memancingnya untuk saling memmanggil dan akhirnya berkicau

FAKTA GAYA BURUNG KOLIBRI


Fakta burung kolibri mampu terbang dalam berbagai gaya, seperti hoovering ditempat, terbang mundur dan terbang menukik, menambah daftar keistimewaan burung ini. Jadi pastikan burung kolibri / burung madu anda ditaruh dikandang yang sedikit longgar dan jangan terlalu kecil. karena burung kolibri meskipun memiliki kaki untuk bertengger didahan sebenarnya tidak bisa melompat seperti kebayakan burung burung kecil yang lainya. Hanya saja kepakan sayap yang sangat cepat terlihat burung seperti melompat, tetapi sebenarnya adalah terbang. Pengunaan pola tangkringan yang benar lebih disarankan, karena kebiasaan burung kolibri yang sudah berbunyi dengan gaya  ngobra biasanya akan dilanjut dengan terbang keatas (hoovering) sambil berbunyi.

FAKTA WARNA BULU BURUNG KOLIBRI


Fakta tentang warna bulu yang berubah tidak seperti warna aslinya ketika memasuki bulu dewasa saat masa mabung atau ganti bulu seperti Merah, Hijau metalik, Hitam dll karena kesalahan dalam pola perawatan difaktor makanan, kebutuhan akan vitamin A dan beta karotin sangat dibutuhkan burung kolibri / burung madu anda jika menginginkan bulu yang berwarna merah seperti warna aslinya. Tetapi ada sebagian para pecinta burung kolibri menyukai tampilan bulu yang berubah menjadi warna coklat tua / merah tua sehingga untuk perawatan makanannya hanya dengan memberikan susu dalam perawatan kesehariannya,

FAKTA BURUNG YANG AKTIF DISIANG HARI


Fakta burung kolibri / burung madu ketika tidur dimalam hari seperti burung yang mati suri adalah proses menstabilkan suhu badan, dan termasuk salah satu burung yang aktif disiang hari. Dalam perawatannya tidak disarankan terkena angin kencang secara langsung saat dijemur ataupun diangin anginkan, tetapi juga kurang bagus bila lebih banyak dalam kondisi pengab kerodong. sangat disarankan buka kerodong ketika siang hari dan menggunakan kerodong yang tipis saat malam hari. Satu lagi tambahan perwatan yang bisa dilakukan untuk burung kolibri anda yaitu jangan menaruh burung madu anda di bawah atap seng ketika cuacanya sedang panas.

FAKTA  SATWA YANG DILINDUNGI


Burung Kolibri merupakan salah satu satwa yang dilindungi oleh undang undang berdasarkan peraturan pemerintah No 7 / Tahun 1999 dan salah satu alasanya karena memiliki peranan penting dalam dalam membantu ekosistem lingkungan hidup dengan kemampuannya dalam membantu penyerbukan tanaman, ketika mencari makanan sari sari bunga atau madu. Jadi pesan saya jangan melakukan penangkapan secara liar sehinga merusak populasinya bila tidak ingin berurusan dengan hukum.
Tetapi bagi anda yang sudah terlanjur memelihara burung Kolibri dirumah maka rawatlah burung anda dengan baik.

FAKTA BURUNG TERKECIL


Fakta burung yang memiliki tubuh  paling kecil didunia ini, sangat lincah dan memiliki suara yang rapat dan full speed ini sangat digemari para kicau mania diIndonesia. Kemampuannya dalam berkicau tersebutlah yang sangat dicari para penggemar burung berkicau untuk dipakai masteran bagi burung yang menginginkan suara yang full speed dan rapat atau juga untuk dikoleksi sebagai burung kicauan dirumah. Dan kabar baiknya burung madu ini juga bisa diberi masteran ketika ingin menambah pebendaharaan lagu untuk burung madu anda.


FAKTA BURUNG YANG MEMILIKI BANYAK SPESIES


Jenis jenis burung madu / kolibri yang berada di dunia memiliki lebih dari ratusan spesies, dan berikut ini adalah nama nama burung madu / kolibri yang sering dipelihara dan populer di Indonesia :


  • KOLIBRI NINJA / KONIN
  • KOLIBRI MANGGAR / KELAPA
  • KOLIBRI MUNCANG / WULUNG / KACA
  • KOLIBRI SOGOK ONTONG / SRIGANTI
  • KOLIBRI SEPAH RAJA 
Dll masih banyak lagi..

Dan demikian artikel tentang fakta menarik untuk merawat burung Kolibri / burung madu anda, semoga bermanfat.
"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment