"BERBAGI ITU HAPPY"

11/16/2017

CARA MENGATASI BURUNG KENARI OVER BIRAHI

AAN BUDIYANTO | 11/16/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Sangat tidak menyenangkan melihat penampilan burung kenari kesayangan menjadi over birahi, terlebih burung anda ingin diikutkan ke dalam lomba, hal ini tentu sangat mengkawatirkan bila tidak segera ditangani. Istilah Over birahi yang dimaksud adalah dampak birahi yang terlalu berlebihan dan untuk mengatasinya tentu mengantisipasi agar tidak berlebihan / over, dan jika ingin menghilangkan masalah biologis birahi tersebut tentu tidak bisa dilakukan, karena hal tersebut sama saja dengan membunuh burung kenari, dan yang harus dipahami, setiap merawat burung apa saja jenisnya pasti semua akan mengalami masalah biologis ini yaitu birahi.

CARA MENGATASI BURUNG KENARI OVER BIRAHI


Dan artikel kali ini akan saya sampaikan cara mengatasi over birahi pada burung kenari kesayangan anda, tetapi sebelumnya kita harus memahami ciri ciri burung kenari over birahi.
  1. Secara umum burung kenari over birahi sering terpantau dari tingkah lakunya yang berkicau sambil ngeruji atau berkicau menempel ruji, seakan ingin mengejar burung kenari lain. 
  2. Terkadang burung kenari over birahi juga sering terpantau berkicau didasar sangkar atau sering melakukan aktifitas didasar sangkar untuk memancing betina. 
  3. Dan kasus paling parah yang terjadi adalah burung menjadi macet bunyi karena kehabisan stamina ketika melakukan gerakan gerakan agresif saat over birahi..
Dengan melihat tingkah laku burung kenari gacoan anda seperti tersebut diatas sudah dapat dipastikan burung anda membutuhkan perhatian khusus dalam perawatannya, dan berikut ini cara mengatasi burung kenari over birahi dari berbagai faktor :


FAKTOR MAKANAN PEMICU BURUNG KENARI OVER BIRAHI


Salah satu faktor penyebab burung kenari over birahi adalah dari faktor makanan yang memicu hormon biologis burung kenari tidak terkendali. Dengan mengenali makanan apa saja pemicu burung kenari over birahi sangat membantu mengatasi burung kenari over birahi, dan makanan tersebut lebih banyak terdapat pada Kroto, telur puyuh, jenis kacang kacangan, kraft dan biji biji an. Dan untuk mengatasinya anda harus mengurangi dan bila perlu menghentikannya.
Namun ada pula makanan yang sangat dianjurkan untuk mengurangi nafsu birahi burung kenari, dan makanan tersebut adalah jenis sayur sayuran (mentimun) dan buah buahan seperti buah pear dll.


FAKTOR PSIKOLOGIS DALAM PERAWATAN BURUNG KENARI OVER BIRAHI


Faktor lain penyebab burung kenari over birahi adalah faktor psikologis dari burung kenari, dan untuk mengatasinya adalah dengan cara perawatan dan terapi psikologis yang tepat untuk mengurangi hasrat biologisnya
Dan untuk perawatanya adalah sebagai berikut :

PEMANDIAN

Tambahkan periode pemandian burung kenari anda menjadi lebih sering dilakukan, sangat disarankan minimal 1 Hari sekali, dan bila kondisi birahinya parah bisa dilakukan 1 hari 2 X. 

ISTIRAHAT

Memberikan waktu lebih lama untuk istirahat sangat disarankan, lakukan pengerodongan kepada burung kenari anda disiang hari.

PENJEMURAN

Kurangi durasi penjemuran burung kenari anda, dan lebih disarankan untuk lebih banyak dikerodong.

FAKTOR BIOLOGIS MERUPAKAN DASAR BURUNG KENARI OVER BIRAHI


Faktor yang terakhir adalah faktor biologis, dan seperti yang sudah saya sampaikan diawal artikel ini, tidak hanya burung kenari saja yang mengalami faktor ini, semua burung pasti akan mengalaminya, dan perihal over birahi sangat wajar terjadi pada burung burung yang sangat jinak, hanya saja untuk perilaku pada burung over birahi yang jinak seperti kenari terkadang sangat berlebihan.
Dan untuk mengatasinya adalah dengan cara menyalurkan hasrat birahinya / dikawinkan dengan sistem kawin cabut, yaitu mengawinkan burung kenari over birahi anda dengan tujuan hanya untuk mengatasi masalah birahi burung dan hanya dilakukan sekali saja. Dan jika burung masih terpantau melakukan perilaku over birahi yang sama atau belum berubah, anda bisa melakukan sistem kawin cabut ini sekali lagi sampai dengan dirasa burung anda terpenuhi hasrat birahinya.
Terkadang cara ini sering ditakutkan oleh para kenari mania karena ada anggapan akan merusak performa / penampilan dari burung kenari, dan hal tersebut saya jawab tidaklah benar, jika anda melakukan perawatan dengan benar maka burung kenari anda justru akan lebih top performance dan yang menjadi di pengalaman saya adalah bertambahnya durasi kicauan pada burung kenari.
 
Mengatasi burung over birahi seperti cara diatas bisa dilakukan sesuai urutan faktor faktor yang ada.

Demikian tips / cara mengatasi kenari over birahi, semoga bermanfaat.
"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment