"BERBAGI ITU HAPPY"

10/08/2017

BURUNG BRANJANGAN INDONESIA

AAN BUDIYANTO | 10/08/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Burung kecil yang handal menirukan suara burung lain dengan suara yang keras dan melengking ini sangat populer oleh kicau mania di Indonesia.  Dengan ciri khasnya yang lain dari burung Branjangan adalah berkicau sambil terbang ditempat (Hoovering) ini, juga menjadikanya sangat disukai oleh penggemar burung berkicau di Indonesia.

Dalam habitat aslinya burung branjangan banyak terdapat di wilayah wilayah Jawa, sebagian wilayah Kalimantan dan di wilayah Nusa Tenggara dan Bali ini sangat menyukai tempat kering, tandus dan bebatuan serta panas, tentunya untuk mencari makanan sehari harinya yaitu biji bijian dan serangga yang banyak terdapat ditanah persawahan dan perbukitan tersebut.

BURUNG BRANJANGAN INDONESIA

Burung yang mampu bertahan hidup hingga puluhan tahun ini ketika di alam liar kurang begitu menyukai aktifitas manusia disekitar mereka, sehingga burung branjangan ini juga mudah sekali mengalami stres jika dirawat dengan tidak baik dan benar oleh manusia. Dan memang tantangan dalam memelihara atau merawat burung branjangan ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi sebagian kicau mania di Indonesia, burung branjangan ini memiliki keunikan sendiri untuk merawatnya, karena selain targetnya tidak hanya membuatnya sekedar gacor saja, tetapi bisa merawatnya hingga menjadi burung branjangan yang bisa hoovering, atau berkicau sambil terbang ditempat yang menjadi ciri khas burung branjangan yang sudah jadi bagus, dan tentunya jika sudah begitu sudah bisa dipastikan, burung tersebut memiliki harga yang sangat fantastis.



Populasinya mengalami banyak penurunan karena perburuan yang sering dilakukan oleh manusia, dan selain itu juga dikarenakan burung branjangan tidak seperti burung burung jenis lainya yang sangat mudah untuk diternak, tetapi bukan tidak menutup kemungkinan burung branjangan ini bisa untuk diternak. Dan jika anda memiliki minat untuk berternak burung branjangan, potensi penghasilan besar berada ditangan anda. Melihat potensi diatas ada 2 kemungkinan yang bisa anda pilih untuk berbisnis burung branjangan, berternak atau sekedar  merawatnya, atau mungkin kedua duanya bisa anda pilih atau lakukan.



Memilih burung branjangan yang baik dan berkualitas juga menjadi tantangan tersendiri bagi penggemar burung branjangan , karena disebagian wilayah di Indonesia juga membuka kelas tersendiri untuk lomba lomba bagi burung branjangan ini, tentunya pemilihan burung branjangan juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. selain itu faktor genetik dari wilayah  tertentu juga menentukan kualitas dari burung branjangan itu sendiri,  sebagai contoh branjangan yang berasal dari Wates, Jogjakarta jawa tengah,  sangat dicari para penggemar burung branjangan di Indonesia. tetapi bukan ingin mengatakan kalau untuk burung branjangan dari daerah lain kurang baik, karena dari jawa barat dan jawa timur juga memiliki genetik burung branjangan yang tidak diragukan lagi Kualitasnya, terbukti dipasar pasar burung pencari burung branjangan dari ke tiga wilayah tersebut sangat dicari oleh pembeli dan alasan salah satunya memang karena ketersediaan burung tersebut yang memang sudah sedikit langka. Dan kalaupun ada tentunya harganya sudah sangat lumayan mahal.

Persamaan ciri fisik dari burung branjangan antara jenis kelamin jantan dan betina memang menjadi penyebab susahnya membedakan jenis kelaminnya, apalagi bagi anda yang masih pemula atau baru dalam memelihara burung Branjangan. Tetapi sekali lagi, bukan tidak mungkin untuk tidak bisa dibedakan. 


Artikel tentang burung branjangan ini saya tulis tentunya bukan tanpa alasan, dan salah satunya adalah mengetahui potensi yang ada didalam burung branjangan di Indonesia. selanjutnya pilihanya ada ditangan anda. 

Demikian artikel tentang burung branjangan Indonesia. semoga bermanfaat.



"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment