"BERBAGI ITU HAPPY"

10/29/2017

CARA MUDAH MEMILIH ANAKAN BURUNG CIBLEK JANTAN

AAN BUDIYANTO | 10/29/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Membedakan jenis kelamin anakan burung Ciblek Jantan dan betina untuk anda yang masih pemula memang tidak sedikit yang masih mengalami kesulitan. Berkali kali membeli pun belum jaminan bisa membedakan jenis kelaminnya ketika burung masih anakan tersebut. Karena memang perbedaan secara sekilas nyaris tak terlihat, tetapi bukan tidak mungkin untuk dibedakan. 

Memberikan ciri ciri perbedaan burung ciblek sebenarnya tidak mudah untuk bisa dipraktekan dilapangan, karena beberapa faktor terkadang ciri ciri tersebut sama / ada. 
Dan untuk itu artikel kali ini saya akan membagikan solusi tips / cara mudah memilih anakan burung Ciblek jantan yang baik untuk anda. 


Memilih burung Ciblek jantan adalah wajib dan yang paling utama,  tetapi sebelumnya ada baiknya anda pelajari dulu cara memilih burung Ciblek yang baik dan prospek kedepanya. Karena jantan saja tidak cukup, tetunya harus memiliki kualitas didalamnya. Dengan mengamati tingkah lakunya, cara ini juga bisa untuk menandai burung tersebut lebih dekat memiliki jenis kelamin jantan.



Cara ini efisien dilakukan bila memilih anakan burung Ciblek yang dijual ombyokan (ditaruh secara massal dalam satu kandang secara bersamaan) atau lebih dari satu burung dalam kandang. 

  • Ngriwik

Anakan Burung ciblek usia lepas loloh 100 % sudah mulai rajin berbunyi pelan atau ngriwik, tetapi jangan salah, ciblek betina juga ngriwik hanya saja intensitasnya sangat jarang dan tedengar sangat tipis atau tidak ngbas. 

Jika sudah lepas loloh utamakan memilih yang terpantau ngriwik. 
Jika masih loloh masih jarang yang ngiwik, untuk pemilihannya lakukan dengan ciri fisik.

  • Sering sendiri

Senang berpetualang sendiri, dengan sering terbang sendiri meninggalkan rombongan. hal ini untuk menandakan bahwasanya burung tersebut berjiwa pemimpin, dan mentalnya bagus

  • Aktif gerak

Memilih burung yang lebih banyak gerak hanya untuk memastikan burung tersebut sehat dan tidak mudah stres, dan sebagai bonusnya untuk volume suaranya lebih aman nantinya.

  • Nafsu makan kuat

Memperhatikan perilaku anakan burung yang makanya kuat / agresif, memang tidak bisa dijadikan patokan untuk membedakan jenis kelamin burung Ciblek, hanya saja ciri burung yang bagus adalah yang nafsu makannya kuat.



Sekali lagi cara diatas dilakukan untuk memilih burung ciblek jantan yang memiliki ciri ciri yang bagus atau prospek kedepannya. 



Sedangkan untuk pemilihan yang didasari dengan ciri fisik perhatikan ciri ciri fisik dibawah ini :


CARA MUDAH MEMILIH ANAKAN BURUNG CIBLEK JANTAN
Anakan burung Ciblek jantan


  1. Ujung paruh bagian bagian bawah berwarna hitam memanjang ke belakang dan tdk sekedar titik hitam, karena dengan bertambah usianya paruh tersebut berwarna hitam. Dan perlu di ingat Ciblek betina ujung paruh bagian bawahnya juga memiliki warna titik hitam, tetapi dengan bertambahnya usia, warna tesebut tidak berubah atau memudar. Hal ini dipengaruhi oleh faktor makanan yang baik yang diperoleh saat itu.
  2. Melihat postur tubuh yang baik, seperti ukuran kepala yang lebih besar, badan yang panjang serta ekor yang panjang dan kaki yang panjang . Cara ini sangat sulit karena membutuhkan perbandingan, selain itu usia anakan ciri tersebut juga belum nampak jelas perbedaannya. Hanya saja solusinya disarankan untuk memilih dengan postur tubuh yang lebih ideal. Cara mudahnya pilihlah anakan burung Ciblek yang memiliki postur tubuh lebih besar.
  3. Memilih anakan burung Ciblek yang memiliki kuku berwarna hitam / kecoklatan juga bisa dilakukan, tetapi hal ini relatif, karena ada juga anakan burung Ciblek betina yang memiliki kuku berwarna hitam / kecoklatan, 



Demikian artikel tentang solusi cara mudah memilih burung ciblek jantan, semoga bermanfaat.


"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment