"BERBAGI ITU HAPPY"

10/03/2017

CARA TERNAK BURUNG KACER SECARA LENGKAP

AAN BUDIYANTO | 10/03/2017 | |
ZONATIPSINDONESIA. Selain kesabaran dan ketekunan dalam ternak burung Kacer harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang bagus. hal tersebut tentunya untuk meminimalkan kesalahan kesalahan yang bisa merugikan bagi sang peternak itu sendiri.

Berikut ini tahapan atau cara yang harus diketahui saat ternak burung Kacer secara lengkap untuk anda.


  • KANDANG


Dalam pembuatan kandang yang harus diperhatikan adalah letak kandang yang aman dan nyaman buat burung Kacer bertelur. pilihlah tempat yang jauh dari keramaian seperti di belakang rumah dalam pekarangan yang tidak mudah terjangkau oleh lalu lalang manusia. Jangan memilih tempat didekat jalan umum atau tempat untuk aktifitas kerja seperti bengkel, dll. Dan juga pastikan kandang anda juga aman dari binatang binatang pengganggu seperti semut, tikus, dan kucing. 

Buatlah kandang dengan ukuran sedang sekitar 1 X 1.5 X 2 M, dan pastikan fentilasi udara dan cahaya sinar matahari dapat masuk dengan baik, dengan memasang kawat ram atau asbes transparan seluas minimal ½ lebar dinding bagian atas. 

Buatlah Pintu untuk keluar masuk anda seluas 90 X 70 CM yang fungsinya bisa untuk membersihkan kandang dari kotoran burung, dan pintu kecil untuk mengganti tempat makan dan minum burung dengan tangan dari luar kndang.

Masukan perlengkapan yang digunakan untuk burung bertelur, seperti akar kering, daun cemara, sarang untuk bertelur yang sudah jadi yang bisa anda buat sendiri atau dengan beli ditoko toko pakan burung yang menjual perlengkapan tersebut. Jangan lupa juga tempat untuk makan minum dan mandi burung.

CARA TERNAK BURUNG KACER SECARA LENGKAP
KANDANG TERNAK BURUNG KACER

  • BURUNG

Jika anda masih pemula dan belum memiliki burung Kacer untuk diternak sangat disarankan untuk memilih burung yang benar benar jinak, atau minimal perawatan dari ternakan, karena burung yang jinak tentunya tidak rawan stres dan untuk tingkat keberhasilannya juga lebih tinggi. Dan untuk usia Pilihlah burung dengan usia kurang lebih sekitar 1 Tahun keatas. Karena untuk burung Kacer dalam usia tersebut, sudah memiliki birahi yang sangat cukup untuk diternak. Dan usahakan untuk memilih usia jantan yang lebih tua dari usia betina.


  • PERKAWINAN DAN PERJODOHAN


Dalam proses perkawinan ini tentunya anda harus memastikan burung kacer anda harus benar benar sudah Jodoh, hal ini tentunya untuk menghindari perkelahian burung yang bisa mengakibatkan cidera dari burung tersebut.

Ada banyak pilihan yang dapat dipilih dalam menjodohkan burung Kacer, tetapi saya akan memberikan tips / cara yang paling mudah tetapi tingkat keberhasilannya lebih besar. Dengan sistem mendekatkan Kacer jantan dengan betina yang yang dipisah dengan kandang kandang terpisah menjadi pilihan banyak peternak burung Kacer.

Caranya yaitu dengan memasukan sangkar Kacer jantan kedalam kandang ternak Kacer betina. Keistimewaan cara ini adalah Kacer betina akan lebih cepat birahi, karena merasa berada didaerah kekuasaanya. Lakukan proses penjodohan ini sampai dirasa burung benar benar sudah jodoh. Untuk mendukung proses penjodohan ini, berikan makanan makanan favorit burung Kacer seperti kroto, jangkrik. Karena dengan memberikan makanan yang baik juga menjadi tips / cara yang jitu untuk menambah produktifitas telur burung Kacer. Setelah proses perjodohonan biasanya burung akan segera kawin, dan proses selanjutnya tinggal menunggu proses pengeraman dan penetasan telur sehingga anda bisa bersiap siap menunggu ketahapan selanjutnya yaitu perawatan anakan burung.

  • PERAWATAN ANAK


Dengan selalu menjaga ketersediaan pakan burung dikandang ternak, maka hal hal yang tidak baik bisa diminimalkan, seperti banyak kasus yaitu indukan burung yang nakal kepada anaknya. Jika hal seperti tersebut diatas terjadi, tentunya anda harus segera mengambil tindakan, dan bila aman aman saja, pilihanya ada di tangan anda, apakah akan diadopsi ataukah di biarkan tumbuh besar bersama induknya. 

Perawatan anak ini lebih ditekankan kepada perawatan anak burung Kacer yang diadopsi. hal ini sangat diperlukan bila terpantau ada indukan yang nakal dalam merawat anaknya. Dan bila hal tersebut terjadi langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengambil anakan dari indukan tersebut untuk diadopsi / dirawat untuk diloloh oleh anda. Usia aman saat mengambil anakan burung Kacer yang baru menetas yaitu usia kurang lebih sekitar 10 hari, karena saat usia tersebut anakan burung Kacer sudah mulai membuka matanya. Jika terlalu dewasa resikonya anakan akan susah untuk dilloloh karena sudah mengenal induknya, tetapi jika terlalu dini bisa berakibat pada kematian atau cacat tubuh pada anakan burung Kacer bila tidak dilakukan dengan tepat. Dan usia dini bisa dilakukan bila keadaan benar benar mendesak seperti kasus indukan yang nakal seperti contoh tersebut diatas.

Dan berikut ini adalah cara memberi makan anakan burung Kacer dari usia 10 hari. 

Untuk bahan bahanya Kroto dan voer yang halus dengan perbandingan 80 : 20, dengan jumlah krotonya yang lebih banyak. Buatlah adonan secukupnya saja, karena tidak disarankan memberikan sisa adonan kepada anakan burung. Berikan selalu adonan yang baru dan benar benar kroto yang baik, buanglah semut yang masih menempel ditelur. Basahi kroto dan voer halusnya dengan air matang biar mudah untuk ditelan oleh anak burung. Dan untuk jarak pemberian makanya setiap minimal 1 jam sekali sudah harus diberi makan tetapi dalam porsi sedikit sedikit saja, karena anak burung Kacer belu perlu makan terlalu banyak. Memasuki usia 15 hari perbandingan kroto dengan voer halus bisa dirubah menjadi 50 : 50 begitu sampai dengan usia 21 hari sudah bisa diberi jangkrik, dan selaligus mengajari anakan burung Kacer untuk makan sendiri.

Dan usia yang paling ideal saat memisah anakan burung kacer dari induknya adalah sekitar usia 1 – 1,5 bulan, Karena dalam usia tersebut biasanya anakan burung sudah bisa makan voer sendiri.



Demikian tips / cara ternak burung Kacer secara lengkap, semoga bermanfaat.

"BERBAGI ITU HAPPY"

1 comment:

  1. Halo. Seorang temann memberikan link blog ini saya masuk ke blog ini, ternyata konten-kontennya sangat menarik daan bayak konten yang
    bermanfaat. Izin komen dan share tulisan kee sosmed saya ya supaya biar blog ini semakin populer.

    Harapan saya agfar di tambah tulisan baru terus ya blognya.Sukses Selalu

    ReplyDelete