"BERBAGI ITU HAPPY"

10/10/2017

CARA TERNAK BURUNG BRANJANGAN SECARA LENGKAP

AAN BUDIYANTO | 10/10/2017 | |
ZONATIPSINDONESIA. Salah satu potensi yang bisa dikembangkan dari memilihara burung branjangan adalah menjadikanya sebagai bisnis ternak tentunya, selain bisa membantu dalam menjaga kelestarian burung branjangan di Indonesia, juga bisa untuk menyalurkan hoby yang menghasilkan. Tetapi bagi anda yang belum memiliki pengetahuan tentang car cara berternak burung branjangan, berikut ini ada tahapan tahapan yang harus dilakukan saat ingin berternak burung branjangan agar ternak anda bisa berjalan dengan lancar.

  • MENYIAPKAN KANDANG UNTUK TERNAK


Berternak burung branjangan tidak memerlukan kandang yang terlalu besar seperti ternak burung murai atau ternak ternak burung jalak atau yang lainya. kandang dengan seukuran kandang kotak untuk ternak lovebird sebenarnya bisa digunakan, tetapi lebih disarankan dengan membuat kandang sendiri yang menggunakan kawat ram dengan diameter lubang yang lebih kecil untuk menambah keamanan dan kenyamanan burung dari gangguan binatang seperti cicak atau tokek. Selain itu bisa didesain untuk lebih rapi dan menarik tentunya.


CARA TERNAK BURUNG BRANJANGAN SECARA LENGKAP




Jangan lupa pula untuk disiapkan perlengkapan tempat makan dan minum dan tentunya sarang untuk bertelur, dan yang perlu diketahui burung branjangan bisa bertelur dimedia apa saja seperti didalam lobang didalam tanah atau di antara bebatuan, sebaiknya disiapkan sarang yang bisa menyerupai lubang untuk sarang tempat bertelur seperti tempurung kelapa, atau benda benda yang berbentuk melengkung seperti genting, atau bisa dibuatkan secara khusus dari bahan kayu yang didesain secara khusus untuk kenyamaman burung branjangan membangun sarangnya. Siapkan pula akar akaran dan semak semak yang kering yang akan dipakai burung untuk alas telurnya dengan cara disebar didalam kandang ternak.

Dan tak kalah penting adalah menaruh kandang untuk ternak ditempat yang sangat sepi, karena burung branjangan sangat mudah stres ketika diternak, usahakan agar meletakan ditempat yang tidak mudah dijangkau oleh orang asing, selain itu juga binatang binatang pengganggu seperti Kucing, Anjing, Tikus dan Semut


  • MENYIAPKAN INDUKAN UNTUK DITERNAK


Kesalahan mendasar dari peternak khususnya yang masih pemula adalah dengan menjodohkan atau mengawinkan burung yang jenis kelaminnya sama. karena perbedaan jenis kelamin burung branjangan bisa dibilang susah susah gampang tentunya. Untuk anda yang masih bimbang bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang cara mudah membedakan jenis kelamin burung branjangan lengkap dengan gambarnya.


CARA TERNAK BURUNG BRANJANGAN SECARA LENGKAP 


Memilih burung dengan kualitas yang baik sangat saya sarankan, karena akan mempengaruhi masa depan dari ternak anda tentunya. Pemilihan ini bisa meliputi dari kualitas suara atau juga asal usul burung, karena burung branjangan khususnya dari daerah jawa sudah banyak mangalami penurunan populasi / langka sehinga untuk permintaan dipasar bisa dibilang sangat tinggi.




Burung branjangan yang sudah siap secara biologis hampir sama dengan burung burung yang biasa diternak pada umumnya yaitu ketika memiliki usia diatas 1 tahun keatas. Usahakan untuk memilih burung yang sangat jinak, karena tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Dan selain itu burung yang jinak tentunya tidak mudah stres, dan lebih mudah untuk merawatnya.


  • PROSES PERJODOHAN DAN PERKAWINAN


Menjodohkan burung branjangan bisa dilakukan dengan cara yang sama seperti ketika menjodohkan burung kenari, prosesnya bisa dilakukan dengan cara mendekatkan dikandang yang terpisah, setelah ada reaksi atau tanda tanda burung mulai berjodoh maka burung sudah bisa disatukan ke kandang ternak yang sudah anda siapkan sebelumya. dan untuk tanda tandanya bisa dilihat dari kedua burung tampak sering mendekatkan diri, burung branjangan betina tampak menggeleparkan sayapnya untuk minta kawin ketika sang jantan berkicau , dan burung jantan akan tampak lebih sering berkicau. dan ketika disatukan didalam kandang ternak tampak kedua burung menyiapkan rumput / akar kering untuk dijadikan sarang bertelur (unjal). Faktor pendukung pada proses perjodohan ini adalah pemberian makanan yang baik untuk burung branjangan, pemberian EF bisa diberikan 2 – 3 X lebih banyak dari porsi biasanya, agar birahi dan staminanya meningkat. Setelah proses perkawinan terjadi tahapan selanjutnya adalah menunggu burung mengerami telur hingga menetas.


CARA TERNAK BURUNG BRANJANGAN SECARA LENGKAP


Hal penting yang harus diingat saat burung mulai bertelur adalah jangan pernah mengotak atik kandang ternak anda meskipun hanya sekedar untuk membersihkan kandangnya dari kotoran apapun. Berikan kontak seminimal mungkin dan bila sangat mendesak lakukan dengan cara dari luar kandang saja seperti contoh bila ingin menambahkan makanan ataupun minuman


  • PERAWATAN ANAK


Dalam perawatan anak ini ada 2 cara yang bisa anda pilih untuk merawat anakan burung branjangan. Dan caranya yaitu :

1. Dengan membiarkan burung diloloh hingga besar oleh induknya, 

Bila dilakukan dengan cara dibiarkan alami dengan cara diloloh oleh induknya, anda bisa menunggu kurang lebih 30 hari untuk bisa dipisah dengan induknya, karena waktu tersebut sudah bisa dipastikan burung bisa terbang dan makan sendiri tentunya, kelebihan cara ini adalah tidak banyak menyita waktu anda tentunya, dan gizi dari burung juga lebih maksimal karena mendapatkan lolohan alami dari induknya, tetapi kekuranganya adalah burung akan sedikit liar karena harus melakukan adaptasi lagi dengan anda sebagai perawatnya.

2. Dengan cara menggunakan lolohan buatan 

Bila anda menggunakan cara dengan lolohan buatan, sebaiknya anda mengambil anaknannya ketika burung berusia kurang lebih 7 – 10 hari, karena burung ketika usia tersebut sudah mulai membuka matanya dan kekuatan fisiknya juga sudah lumayan baik, untuk makanannya sama dengan makanan yang dipakai untuk meloloh burung kenari dan lovebird, yaitu menggunakan bubur bayi yang bahan dasarya dari biji bijian. berikan lolohan setiap 1 jam sekali dalam jumlah yang secukupnya saja. Cara ini juga bagus ketika ada karakter burung yang terkadang nakal dengan tidak mau merawat anaknya yang baru menetas, tentunya anda harus segera mengambil tindakan cepat untuk ini. dan bantuan lolohan buatan juga sangat disarankan ketika jumlah anakan burung branjangan yang mentas diatas 4 ekor. karena salah satu dari anakan pastinya kurang mendapat bagian yang adil ketika diloloh oleh induknya.

Dari dua cara diatas bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda, dan tentunya semuanya ada kekurangan dan kelebihannya masing masing



Demikian tips / cara berternak burung branjangan secara lengkap untuk anda, semoga bermanfaat.

“BERBAGI ITU HAPPY”

No comments:

Post a Comment