"BERBAGI ITU HAPPY"

10/18/2017

SETELAN MAKANAN BURUNG ANIS MERAH

AAN BUDIYANTO | 10/18/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Burung Anis merah sangat populer dengan gayanya ketika berkicau sambil teler, dan hal tersebutlah yang membuat para pecinta burung berkicau di Indonesia sangat mengaguminya. Tetapi untuk bisa menjadikan burung yang terkenal dengan sifat manja dan mudah stres ini menjadi gacor terlebih bisa teler tentunya tidak lepas dari perawatan harian yang baik, dan salah satunya adalah perawatan di faktor makanan.


zonatipsindonesia.blogspot.com
Burung Anis merah teler

Dan berikut ini setelan makanan untuk Burung Anis merah :


1. SETELAN MAKANAN JENIS SERANGGA


Pemberian makanan (EF) berupa serangga sangat penting dilakukan namun disini yang perlu diperhatikan adalah jumlahnya. Karena jumlah yang berlebihan juga bisa mengakibatkan burung Anis merah menjadi OB, atau Over Birahi sehingga sering melakukan perilaku perilaku negatif dan ujung ujungnya adalah macet bunyi, hal ini pula kadang yang kurang dipahami oleh perawat burung Anis merah ketika merawatnya.

Untuk mencukupi kebutuhan proteinnya caranya adalah dengan memberikan menu EF ini secara variatif yaitu memberikan makanannya dengan selang seling antara kroto, ulat hongkong, ulat bambu, cacing tanah, belalang, dll. Untuk jangkrik bisa diberikan setiap hari, tetapi kurangilah jumlahnya ketika pemberian EF jenis lain juga diberikan. contoh : ketika diberikan kroto / cacing untuk pemberian jangkrik yang biasanya sehari 3 ekor menjadi 1 saja, dst.

2. SETELAN MAKANAN JENIS BUAH


Pemberian makanan buah buahan. Usahakan untuk memberikan makanan buah buahan ini secara teratur minimal 2 - 3 kali dalam seminggu, dan lebih disarankan bila diberikan secara selang seling dengan buah yang berbeda.
Buah yang bagus dan umum diberikan adalah jenis pisang kepok dan pepaya. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah tersebut sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga stamina dari burung Anis merah, selain itu juga sangat murah dan mudah didapatkan. Tetapi bila memungkinkan Apel merah juga sangat disarankan.

3. SETELAN MAKANAN JENIS VOER


Pemberian voer bisa diberikan kepada burung Anis merah, hal ini untuk membuat setelan lebih mudah dilakukan, dan tentunya untuk menjaga ketersediaan makanan selalu ada sehingga burung tidak takut kekurangan makanan. Tetapi yang perlu diingat adalah memastikan kondisi voer yang masih layak konsumsi, jadi gantilah makanan voer 1 minggu sekali meskipun masih tersisa banyak di wadah makannya. Berikan Voer yang kaya akan nutrisi, dengan membaca label yang ada di kemasan pembungkus.

Rangkuman dari perawatan makanan burung Anis merah ada di VARIASI makanan, tetapi masih ada faktor lain yang menunjang keberhasilan memelihara burung ini dan tentunya harus diperhatikan yang tak kalah penting, yaitu perawatan harian dengan mengenal karakter burung Anis merah.

Demikian Artikel tentang setelan makanan burung Anis merah, semoga bermanfaat.


"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment