"BERBAGI ITU HAPPY"

9/28/2017

CARA MERAWAT BURUNG CUCAK HIJAU SECARA LENGKAP

AAN BUDIYANTO | 9/28/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Popularitas burung Cucak Hijau diarena perlombaan tidak usah diragukan lagi, banyaknya pengemar atau para pemain dalam berburu atau menambah amunisi burung cucak hijau sebagai salah satu gacoan andalannya, merupakan bukti bahwa burung ini perlu diperhitungkan dalam daftar main diperlombaan. Tetapi bagi sebagian kicau mania yang masih pemula, terkadang memang ada yang mengalami kesulitan dalam merawat burung yang satu ini. 

Ada beberapa pengetahuan yang harus diperhatikan dalam merawat burung Cucak Hijau, dan berikut ini adalah cara  / tips merawat burung Cucak Hijau dengan lengkap :

  • VARIASI MAKANAN

Pemberian makanan yang bervariatif bertujuan untuk mengatur setelan burung agar selalu dalam performa yang terbaik. Akibat yang sering terjadi dilapangan ketika setelan yang dibuat tidak pas adalah burung terlalu OB sehingga metabolisme darah dalam tubunya terlalu tinggi / panas karena konsumsi makanan yang tidak pas.

Berikan variasi makanan setiap hari dengan membuat setelan yang pas buat burung cucak hijau anda. Pemberian makanan ini lebih diutamakan dalam pemberian serangga dan buah buahan, tetapi untuk pemberian voernya bisa diberikan bisa tidak tergantung selera dan kebutuhan perawatan anda. karena terkadang pemberian voer untuk burung Cucak hijau bisa mempengaruhi performa disuaranya menjadi serak / parau.

Untuk setelan jangkriknya bisa diberikan setiap hari sesuai kebutuhan burung anda. carilah setelan jumlah minimal jangkriknya, yang membuat burung anda menjadi nyaman. setelah setelan jumlah minimal pemberian Jangkrik ketemu, selanjutnya adalah pemberian Kroto dan Ulat Hongkong. Usahakan untuk pemberian kroto dan ulatnya dengan membuat tempo pemberian yang pas. Cara ini bertujuan untuk membuat variasi makanan, dan untuk caranya adalah dengan diberikan secara bergantian atau selang seling dalam tempo satu minggu masing masing 1 – 2 kali. Dan untuk porsinya juga jangan terlalu banyak, tetapi secukupnya saja dan sifatnya hanya membuat variasi makanan untuk serangga.

Untuk buah buahan jadikan sebagai makanan utama cucak hijau anda, berikan secara variatif pula dengan cara bergantian minimal 1 - 2 hari pergantian jenis buahnya, dan usahakan untuk memberikan buah kepada burung cucak hijau anda yang benar benar sudah matang.

Tugas terbesar adalah mencari setelan makanan yang pas buat burung cucak hijau anda. pelajari karakter burung anda dengan baik, dan hanya anda sendirilah yang memahaminya karena anda yang merawatnya.

  • KESEHATAN BURUNG

Selain dikarenakan faktor makanan yang mempengaruhi performa dilapangan, faktor kesehatan burung juga sangat berpengaruh disini. 


Dengan menjaga kesehatan dari kebersihan burung dan sangkarnya, kebiasaan burung cucak hijau yang tidak diinginkan seperti males bunyi diarena lomba bisa diminalisir. Caranya adalah dengan memandikan burung dan membersihkan kandangnya. Lihatlah perilaku positif ketika anda memandikan burung anda, ketika dengan cara disemprot dengan sprayer burung bereaksi dengan mandi sendiri di tempat wadah minuman atau tempat yang sudah disediakan, maka bantulah mandinya dengan menyemprotnya sampai dengan basah kuyub, tetapi bila tidak ada reaksi ingin mandi sendiri saat disemprot sebaiknya hentikan penyemprotan tidak usah sampai dengan basah kuyup lalu angin anginkan dan jemurlah. Lakukan cara ini minimal 2 x seminggu.


CARA MERAWAT BURUNG CUCAK HIJAU SECARA LENGKAP

  • PEMASTERAN

Burung Cucak hijau terkenal dengan burung yang mudah merekam suara burung lain dengan baik bila dimasteri. Sebenarnya bukan masalah mudah merekam dan lain sebagainya tetapi bagaimana burung lebih suka membawakan kicauan yang kita berikan, burung cucak hijau sebenarnya hanya lebih suka membawakan atau mengeluarkan suara yang nyaman untuk dinyanyikan saat berkicau. Untuk itu pemasteran ini harus dipahami dengan benar dengan maksud tentunya burung cucak hijau anda memilih suara yang anda masterkan menjadi suara yang nyaman untuk dikicaukannya. 

Cucak hijau akan mudah merekam suara burung lain ketika suara burung tersebut menarik buat nya. Jadi saran saya ketika memberikan suara masteran buat cucak hijau berikan sedikit jenis suara saja, sangat disarankan satu jenis suara saja. Sebagai contoh ketika memilih suara cililin untuk masteran berikan suara burung burung dengan isian cililin, seperti burung lovebird dengan isian suara cililin. Atau burung jalak isian cililin, dan bisa ditambahkan juga suara asli dari burung Cililin. Jadi intinya fokusnya tetap cililin.

Adapun untuk medianya bisa menggunakan suara burung asli atau dengan media palyer seperti MP3, dan untuk waktunya tentunya saat burung dalam kondisi dikerodong bisa malam atau siang hari.

  • PELATIHAN


Cucak hijau akan bisa tampil maksimal ketika kondisi tubuhnya juga maksimal, fungsi dari latihan ini sendiri dimaksudkan untuk evaluasi dari perawatan burung cucak hijau yang anda lakukan. Latihah burung cucak hijau anda dalam berbagai momen waktu dan tempat, karena setiap momen waktu maka performa burung pun berbeda beda. Saat itulah anda harus sudah bisa memahaminya, dan harus jeli melihatnya. 
Dan untuk latihannya bisa dilakukan dengan teman / tetangga yang memiliki burung Cucak hijau atau dengan mengikutkanya di arena arena latihan bersama atau lomba.


  • KANDANG UMBARAN


Dengan memasukan burung kedalam kandang umbaran akan berpengaruh baik pada mental dari burung cucak hijau, cara ini sudah banyak dilakukan oleh para master master kicau mania Indonesia dan terbukti menambah daya dobrak dari sang burung. Hal ini tentunya bisa dilakukan bila anda memiliki kandang umbaran dirumah.

Demikian Artikel tips / cara merawat burung Cucak Hijau dengan lengkap. Semoga bermanfaat.


“BERBAGI ITU HAPPY”

No comments:

Post a Comment