"BERBAGI ITU HAPPY"

9/08/2017

BURUNG CENDET INDONESIA

AAN BUDIYANTO | 9/08/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Burung Cendet / Pentet dari indonesia yang tersebar diberbagai daerah di indonesia memang burung yang sangat digemari oleh pencinta burung di Indonesia. Dengan sebutan Cendet Mania, para penggemar burung cendet ini membuat komunitas menyatukan diri menjalin silahturahmi, dengan saling berbagi ilmu dan pengalaman. Tidak nampak perbedaan senioritas didalamnya, yang ada adalah saling berbagi ilmu dan pengalaman. Pecinta / penggemar burung cendet semakin hari semakin bertambah banyak, hal ini yang membuat harga burung cendet yang dijual dipasar pasar dan toko toko burung menjadi naik pula.

Selain karena faktor alam yang semakin berkurang habitat dan populasinya juga karena burung Cendet adalah burung yang tidak mudah untuk diternak seperti lovebird,  kenari, sehingga penyebarannya tidak terlalu pesat. Terkadang para Cendet mania mengalami kesulitan mencari bahan yang bagus untuk dipelihara, sampai sampai harus keluar kota untuk hunting burung Cendet.

Burung Cendet adalah burung dengan kemampuan bertarung yang handal atau termasuk dalam kategori burung figter, memiliki kemampuan menirukan suara suara burung lain dan bahkan mampu menirukan suara suara lain yang bukan dari suara burung.
Memilih burung Cendet untuk dipelihara dan menambah koleksi momonganya dirumah sekarang ini menjadi salah satu alasan kenapa burung Cendet sangat digemari dan dicari. Pernah mendengar burung Cendet ditawar dengan harga yang sangat fantastis hingga ratusan juta rupiah ?, bisa dibayangkan betapa sangat mengagumkan potensi Rupiah yang didapat dari memelihara burung Cendet.

Melihat dari segi kepuasan pribadi, melatih dan merawat burung Cendetpun sangatlah memiliki kepuasan tersendiri, karena merawat burung Cendet tidak bisa dilakukan dengan asal asalan, dimulai dari proses memilih, merawat sampai dengan melatih burung Cendet harus memiliki pengetahuan yang baik. Dan ketika melihat burung momongannya mampu tampil dengan maksimal sesuai dengan perawatan yang dilakukanya, itupun sudah cukup membuat senang dan bangga bagi para Cendet mania. Sehingga seakan akan saling berlomba lomba untuk menjadikan burung cendet momongannya menjadi yang terbaik, dan menjadikanya  juara dieven even kelas lomba semakin membuat para cendet mania tertantang dalam merawat cendet momongannya.
Dan untuk artikel merawat burung cendet silahkan dibaca link bawah ini :


Ada banyak jenis jenis burung cendet di indonesia, secara fisik / postur memang hampir sama tapi perbedaanya yang sering digunakan untuk membedakan jenisnya yaitu corak warna, khususnya dibagian kepalanya. Dan berikut adalah jenis burung cendet di Indonesia yang dibedakan dari warna / corak dikepalanya

1. Cendet poles


Cendet dengan motif warna hitam dikepala bagian depan diatas paruh, biasa juga disebut dengan nama cendet zorro, karena mirip dengan tokoh zorro di film.

BURUNG CENDET INDONESIA
Cendet poles

2. Cendet semi


Cendet dengan motif warna hitam dikepala bagian depan hingga diatas kepala namun tidak sampai ke belakang, biasa juga disebut dengan cedet sembur.

Cendet semi

3. Cendet kepala hitam


Cendet dengan warna motif hitam diatas kepala sampai kebelakang / leher, biasa juga dipanggil dengan sebutan cendet gondrong / blangkon karena sekilas tampak seperti rambut gondrong atau memakai blangkon.

Cendet kepala hitam

Jenis diatas adalah jenis cendet yang secara umum dipelihara oleh para Cendet Mania, meskipun masih ada juga jenis cendet yang lain dari Indonesia.
Untuk masalah kualitas, semuanya memiliki kualitas yang sama sama baik, terbukti dari berbagai even lomba burung dari masing masing jenis cendet tersebut mampu keluar sebagai juara, karena memang kualitas dari burung cendet tergantung dari perawatan yang baik dan benar oleh pemiliknya.

Memilih burung cendet untuk dirawat dan dipelihara dirumah oleh sebagian cendet mania memang memiliki pilihan yang berbeda beda. Karena ada banyak juga pilihan burung cendet yang akan dirawat / dipelihara dirumahnya dan tentunya masing masing pilihan memiliki kelebihan dan
Kekurangannya.


1. Memilih burung cendet dari anakan / lolohan

Oleh sebagian cendet mania memilih burung cendet dari anakan / lolohan untuk dipelihara dirumah adalah karena alasannya yang lebih mudah untuk dirawatnya, khususnya bagi para cendet mania yang masih pemula, karena burung cendet tentunya lebih jinak. Dan dari segi pemasteran burung cendet dari lolohan lebih mudah untuk diberi masteran sehinga diharapkan lebih mudah mencetak burung cendet dengan kualitas isian yang diinginkan.


2. Memilih burung cendet anakan muda hutan.

Burung cendet muda hutan adalah burung cendet hasil tangkapan liar dan masih muda. Kelebihan dari memilih burung cendet dari tangkapan liar ini adalah daya tahan tubuh burung yang bagus, volume suara yang keras, selain itu burung juga bisa lebih cepat bunyi. Kekuranganya tentunya burung masih liar dan perlu proses penjinakan.


3. Memilih burung cendet yang sudah jadi.

Alternatif ini dipilih bagi sebagian cendet mania, karena kelebihanya tidak terlalu repot meloloh atau menjinakan burung. Tetapi tinggal menikmati saja burung yang dibelinya alias tinggal gantang saja. Kekurangannya tentunya harganya yang lebih mahal dari membeli burung yang masih bahan anakan.
Semua pilihan diatas adalah baik, dan tentunya semua tergantung para cendet mania dalam menentukan pilihanya.

Tetapi memang ada juga beberapa sahabat cendet mania yang bisa dibilang gagal dalam merawat burung cendet miliknya karena berbagai faktor tentunya. Sampai akhirnya mereka putus asa dan menganggap memelihara burung cendet sangatlah susah. Karena sebenarnya kunci keberhasilan memelihara burung cendet adalah kesabaran dan perawatan yang baik.
Tidak ada pengalaman yang tidak berharga, karena pengalaman adalah guru yang terbaik.

Demikian artikel tentang cendet Indonesia, mudah mudahan bisa berguna dan membantu.


"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment