"BERBAGI ITU HAPPY"

9/04/2017

CARA PEMASTERAN BURUNG CENDET MUDA HUTAN

AAN BUDIYANTO | 9/04/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Edisi kali ini saya ingin berbagi tips / cara pemasteran khusus untuk burung cendet muda hutan.
Sebelumnya dan sebagai catatan untuk perlu diketahui bahwa burung cendet muda hutan ketika mulai berbunyi / ngriwik biasanya sudah mampu membawakan banyak materi suara yang didapat ketika masih berada dihutan sebelum ditangkap, bahkan ada sebagian yang mampu membawakan lagu dengan baik / tidak cadel / pelo.

Berbeda sekali dengan cara pemasteran burung cendet dari anakan yang memang secara rata rata sudah jinak, tentunya disini untuk perawatannya lebih mengutamakan proses penjinakan didalamnya. untuk cendet muda hutan memang ada juga pendapat bahwa burung cendet dari tangkapan liar susah untuk diberi masteran, pendapat itu ada benar dan ada tidaknya, tapi menurut saya itu hanya masalah waktu saja, tidak usah terburu buru untuk mendengarkan request lagu dari burung kita. Apalagi lagi lagu dengan roll roll yang panjang. Tentunya untuk burung cendet muda belum mampu untuk membawakanya,  tetapi dengan berjalannya usia burung, maka roll roll panjang pun akan bisa dikeluarkan. Selain itu semuanya bisa tergantung dari cara kita memaster burung cendet kita.
Sebenarnya sudah banyak yang membuat tulisan tentang cara memaster burung. Disini saya akan sampaikan sebuah tips / cara untuk pemasteran khusus untuk cendet muda hutan.

1. MEDIA

Media yang paling dianjurkan dan efektif sebenarnya adalah pemasteran menggunakan burung asli / suara asli dari burung masteran karena sifat burung cendet yang merupakan burung figter teritorial. Tetapi pemasteran menggunakan media mp3 juga tidak kalah bagus dikarenakan burung cendet adalah burung dengan karakter mimikri / dapat menirukan suara lain, seperti contoh suara mainan anak, suara gesekan gabus dll. 

Saran saya jika menggunakan media mp3 gunakan suara yang natural dan bersih minim noise.

2. SUARA

Pilih dulu satu suara apa yang akan kita jadikan andalan. Jenggot, cililin, gerja, dll terserah anda. Pilih salah satu saja. Bisa menggunakan media mp3 atau burung langsung. (disarankan menggunakan suara burung asli). Dengarkan 1 suara saja dulu untuk 15 hari s/d 1 bulan kedepan untuk suara tonjolan (jika menggunakan mp3)

Selanjutnya sobat bisa berikan suara tabahan dari pilihan suara 1 sehingga bisa kita putar 2 pilihan suara yang menyambung. Begitu seterusnya sampai dengan contoh contoh suara burung cendet dengan speed rapat bisa anda berikan untuk suara masteran. Tapi tetap untuk suara burung pilihan 1 harus selalu ada /diperdengarkan. Dan intinya adalah bertahap, sampai nanti waktunya anda bisa berikan semua suara masteran pada saat masa mabung / ganti bulu dewasa sebagai pemantapan masteran.

3. WAKTU

Momen paling jitu untuk masteran burung cedet sebenarnya variatif. Ada yang menyampaikan pagi sore malam dsb. Disini saya berbicara pemasteran memakai media mp3, dan waktu paling efektif adalah setiap waktu alias kapan aja, kita bisa menyetelnya. Tapi menurut pengalaman, saya lebih suka memilih waktu malam s/d pagi hari. Karena burung cendet lebih sering terdiam / konsentrasi untuk mendengarkan suara. Sedangkan untuk pagi S/D sore hari cendet akan dimaksimalkan untuk proses penjinakan.

Demikian tips / cara pemasteran burung cendet muda hutan. Semoga dapat bermanfaat. 

"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment