"BERBAGI ITU HAPPY"

9/10/2017

CARA MEMBUAT SETELAN MAKANAN BURUNG CENDET

AAN BUDIYANTO | 9/10/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Cendet dengan performa yang baik adalah cendet yang dirawat dengan baik dan benar. Salah satu faktor pendukungnya adalah masalah makanan, karena pemberian makan cendet tidak bisa dilakukan dengan asal asalan saja.

Dan perlu diketahui setingan makanan dari masing masing burung berbeda beda. Hal ini dikarenakan kebiasaan yang dilakukan pemilik burung dalam merawat burung cendetnya berbeda beda pula. Untuk itu artikel kali ini akan saya jelaskan tips / cara membuat setelan /setingan makanan / pakan untuk burung cendet,

  • USIA MUDA / ANAKAN


Dalam memberikan makananpun menjadi kunci utama didalam membuat setingan makanan untuk burung cendet,  dan ini berlaku sejak burung masih berusia muda / anakan. Pemberian makanan pada anakan burung memang sering berubah ubah, hal ini biasa dilakukan oleh pemilik burung dengan berbagai alasan. Dan salah satunya adalah mencoba mengatur setelan makanan burungnya sedini mungkin.

Memang saat masa pertumbuhan anakan burung sering diberikan makanan serangga dalam jumlah yang banyak, tetapi seiring dengan bertambahnya usia anakan burung lama kelamaan jumlah tersebut berkurang, dan disaat itulah setelan makanan tersebut sudah harus mulai diatur.


CARA MEMBUAT SETELAN MAKANAN BURUNG CENDET

  • VOER DAN SERANGGA


- VOER

Salah satu fungsi dari pengevoeran untuk burung cendet adalah untuk mempermudah menjaga ketersediaan makanan bagi burung cendet, sehingga burung lebih aman dan terhindar dari bahaya kelaparan dan kematian. Tetapi Voer juga sangat membantu menjadikan setingan makanan ini berjalan dengan baik, karena sifat voer yang tidak mudah rusak sehingga bisa diberikan dalam kondisi yang lama diwadah makanan burung Cendet. Meski tidak wajib harus makan voer, tetapi menyetel makanan burung Cendet lebih mudah bila burung sudah makan voer. Karena untuk burung Cendet dewasa jika terlalu banyak serangga terkadang sering menunjukan perilaku yang tidak baik seperti mudah birahi, dll.

- SERANGGA

Serangga seperti jangkrik, ulat, dan kroto, sangat berguna untuk meningkatkan performa dari burung cendet, tetapi ada juga burung  cendet yang tidak boleh makan kroto, tentunya karena suatu alasan. Untuk itu fungsi jangkrik disini sangat berperan penting dalam membuat setelan makanan burung.

  • JUMLAH KONSUMSI


Yang harus dilakukan dalam menyetel / menseting makanan burung Cendet adalah dengan mengatur jumlah makanan jenis serangga dalam jumlah tertentu untuk makanannya. Dan untuk serangga yang akan digunakan adalah Jangkrik, Ulat Hongkong dan Kroto. Berikut ini contoh setelannya :

Setelan 1, berikan Jangkrik dalam jumlah yang banyak tetapi untuk ulat dan krotonya tidak usah diberikan.

Setelan ke 2, kurangi jumlah Jangkriknya menjadi sangat sedikit tetapi berikan Ulat Hongkong dan Krotonya dalam jumlah yang banyak.

Setelan ke 3, berikan Jangkrik, Ulat Hongkong, dan Krotonya dalam jumlah yang sedang.

Lakukan secara berurutan dan terus menerus sampai benar benar ketemu jumlah setelan yang pas buat burung cendet. Dan dalam setiap setelanya perhatikan perubahannya, lihatlah performanya, seperti tingkah lakunya dan bunyinya, carilah setelan makanan yang membuat burung cendet merasa nyaman,

Untuk contoh jumlahnya berapa silahkan diberikan sesuai dengan kebutuhan sang burung, Karena setiap burung cendet keinginan untuk makan serangga berbeda beda dan bisa berubah setiap harinya, dan tentunya hanya anda sendiri yang paham.

Setelah memberikan makanan jangkrik berikan jeda waktu saat akan memberikan makan ulat hongkong dan krotonya.

Demikian tips / cara membuat setelan /  setingan makanan burung cendet, semoga dapat membantu.

"BERBAGI ITU HAPPY"

2 comments:

  1. Promo BLACK MARKET Harga Termurah Barang 100% Ori
    Info Lengkap Tentan Produk Dan Pemesanan Lansung Via Wa
    :085237832777

    **** BACA INI SEBELUM MEMBELI ****
    - Barang Asli dari Apple/Samsung/Oppo
    - Barang New BNIB SEGEL
    - Xiaomi , bisa semua simcard indo
    - Warranty 1 Tahun, Bisa bantu Claim garansi

    Alamat Toko : JL.BATU AJI NO.257 BATAM Kepulauwan Riau

    Apple Iphone X 128 GB Rp 1.900.000
    Apple Iphone 8 Plus 128 GB Rp 1.700.000
    Apple Iphone 7 Plus 128 GB Rp 1.500.000
    Samsung Galaxy S9 128 GB Plus Rp 1.700.000
    Samsung Galaxy S9 Plus Rp 1.500.000
    OPPO FIND X Rp 1.700.000

    ☞ Keterangan:
    • BARANG TERPERCAYA DAN TERJAMIN KEASLIAN BARANGNYA

    ReplyDelete