"BERBAGI ITU HAPPY"

9/10/2017

CARA MENGATASI CENDET MACET

AAN BUDIYANTO | 9/10/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Kali ini saya akan bagikan tips / cara mengatasi cendet macet tidak mau bunyi.

Penyebab Cendet macet ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya pun berbeda beda. Oleh karena itu penyebab cendet macet harus diketahui dulu.

1. Cendet macet karena mabung / ganti bulu


Cendet mabung memang kerap diawali dengan berkurangnya intensitas kicauanya. Kondisi Cendet mabung / ganti bulu memang bermacam macam ada yang langsung rontok dalam waktu yang hampir bersamaan, ada pula yang rontok secara pelan pelan bahkan tumbuh tunas baru yang tidak terlihat dari pengamatan kita disusul dengan rontoknya bulu. Dan disaat burung terpantau berkurang intensitas kicauanya sebaiknya tidak usah khawatir karena hal ini wajar terjadi, meskipun adapula cendet yang lagi mabung tapi kicauanya masih rajin. Untuk mengatasinya sobat tinggal menunggu masa mabungnya selesai dan lebih berkonsentrasi dengan Perawatan Cendet mabung / ganti bulu termasuk memaster burung cendet anda.

2. Cendet macet karena stres


Disini istilah stres saya sampaikan dengan merangkum dari penyebab stres yang sangat banyak diantaranya, ngdrop karena bertarung dengan cendet lain, terkena gangguan dari binatang lain, bisa juga stres dikarenakan sangkarnya jatuh, dan masih banyak lagi. Yang harus segera dilakukan adalah mengkarantina burung cendet, taruh ditempat yang sepi, atau dikerodong full. (istirahat penuh).

Berikan terapi liar / unthulan, dengan memasukan cicak hidup, kadal hidup, atau mungkin binatang binatang kecil yang masih hidup untuk dijadikan mangsanya.

Bila perlu burung cendet diberikan multivitamin.

3. Cendet macet karena sakit


Disini untuk mengatasinya penyebab dari sakit burung cendet harus segera dicari terlebih dulu, belikan obat obatan yang pas dan segera ditangani. Bila perlu berikan multivitamin untuk stamina tubuhnya.

Mengatasi burung cendet tidak mau bunyi atau macet memang ditangani dengan cara yang berbeda beda tapi yang harus diperhatikan adalah bagaimana anda merawat burung cendet anda dengan baik dan benar.

Intinya sentuhan khusus diperlukan dalam merawat burung Cendet macet / tidak mau bunyi.
Senantiasa sabar dan banyak berdoa.

Demikian tips / cara mengatasi burung cendet macet tidak mau bunyi. Semoga bermanfaat.

"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment