"BERBAGI ITU HAPPY"

9/04/2017

CARA MERAWAT BURUNG CENDET

AAN BUDIYANTO | 9/04/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Merawat burung cendet memang memerlukan kesabaran dan pengetahuan yang baik, tentunya dengan harapan biar nantinya burung anda bisa menjadi burung yang sesuai dengan yang diharapkan. Dan berikut ini adalah tips / cara merawat burung cendet, yang saya rangkum dalam beberapa faktor mendasar. 

1. MAKANAN

Terpenuhinya gizi burung cendet sangatlah penting, karena akan mempengaruhi performa dari burung cendet momongan anda. Disini saya akan sangat menyarankan kepada anda untuk memberikan makanan burung yang penuh dengan gizi yang tepat tentunya. Dan diantaranya yaitu makanan yang mengandung protein tinggi.

Serangga dan sejenisnya adalah makanan favorit burung cendet di alam liar, makanan tersebut bisa diberikan pada burung dengan membeli ditoko toko pakan burung disekitar  anda seperti kroto, jangkrik, ulat, dll.

Selain itu juga ada makanan lain yang juga bisa anda berikan yaitu voer, karena voer burung sangat penting untuk mengatur setingan pakan untuk burung cendet anda. Namun disini juga saya sarankan jangan asal beli voer burung, sebaiknya anda pilih voer burung yang kandungan proteinya tingi.  Anda bisa baca dilabel / keterangan pada kemasan pembungkusnya.

Dan tips difaktor makanan ini untuk anda adalah, hanya burung yang dirawat dengan makanan yang baiklah yang dapat menjadi burung dengan performa hebat. Baca juga :


2. PERAWATAN


Secara umum perawatan ini harus dilakukan dengan baik pula oleh sobatku cendet mania. Karena jika tidak jangankan performa burung yang baik, yang ada burung anda hanya menghasilkan capek dan rugi saja. Perawatan apa saja itu yang harus dilakukan, baiklah akan saya jelaskan perawatan harian burung cendet.

* Mandikan burung anda, karena ini baik untuk menjaga kesehatan burung anda dari ujung kepala sampai ujung kuku dari berbagai macam penyakit dan kutu kutu yang mengganggu.

Jemurlah burung anda, dengan melakukan penjemuran yang cukup, bisa menambah performa dan kesehatan burung juga.

* Bersihkan kandang burung anda, selain untuk menjaga kesehatan burung juga bagus untuk kesehatan keluarga anda dirumah

* Berikan suara masteran untuk burung anda, selain dari suara burung asli yang sudah tersedia dirumah, bisa anda berikan dari media mp3. Hal ini baik untuk menambah kemampuan burung membawakan lagu lagu andalan sesuai keinginan anda.

Lakukan perawatan harian ini dengan baik dan rutin, sehingga performa burung bisa baik juga.

3. LATIHAN


Untuk menambah kemampuan burung cendet anda sangat disarankan untuk melatih burung cendet momongan anda dalam kemampuanya bertarung dan olah vokal. Lakukan dengan bertahap, untuk melihat kemampuan cendet anda,  bila anda merasa cendet anda cukup bagus, bisa anda naikan ke level kelas lomba dan seterusnya. 

Ada banyak cara bisa anda lakukan, diantaranya adalah dengan latihan gratis ditetengga dekat rumah sekitar anda, dengan cara mengajak teman anda yang memiliki cendet untuk diajak sparing patner atau latihan, atau bisa juga langsung anda bawa ke arena latbers diarena lomba burung. Amatilah dengan baik kekurangan dan kelebihan burung anda,  sehingga anda bisa mengoreksinya dan merawatnya dengan lebih baik lagi.

faktor ini sebenarnya boleh dilakukan boleh tidak, tetapi sangat disarankan jika anda ingin menjadikan burung cendet momongan anda sebagai gacoan dilomba. Silahkan juga dibaca artikel



CARA MERAWAT BURUNG CENDETCARA MERAWAT BURUNG CENDET
Bung Ibnu Joyo dengan Cendet RAJASAKE di Arena tempat latihan burung

Demikian tips / cara merawat burung cendet.
Semoga bisa membantu. 

"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment