"BERBAGI ITU HAPPY"

9/10/2017

CARA MERAWAT BURUNG CENDET MABUNG

AAN BUDIYANTO | 9/10/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Setiap burung Cendet pasti mengalami masa mabung / ganti bulu, masa mabung pertama adalah masa pergantian bulu anakan / piyik ke bulu dewasa dan biasanya terjadi pada usia kurang lebih 3 - 4 bulanan, masa mabung kedua burung Cendet kira kira berusia kurang lebih 1 tahunan. Dan seterusnya sampai masa masa mabung yang berikutnya.

Ciri ciri burung memasuki masa mabung / ganti bulu biasanya terlihat dari tanda tanda jatuhnya bulu bulu halus, berkurangnya frekuensi bunyi, perilaku burung yang sedikit malas malasan, atau sering mengembangkan bulunya dan masih banyak lagi.

Pada masa mabung memang terkadang burung terlihat seperti tidak sehat, namun jangan kawatir karena hal ini adalah sesuatu yang wajar. Tetapi untuk perawatannya jangan dilakukan dengan asal asalan saja. Dan artikel kali ini saya akan menjelaskan tips / cara merawat burung cendet mabung / ganti bulu.


1. KERODONG

Sebaiknya jika tanda tanda burung yang akan mabung sudah terlihat, segera saja untuk dikerodong, hal ini bertujuan untuk mempercepat proses jatuhnya bulu, selain itu juga berfungsi untuk menjaga burung dari stres berat, karena burung yang lagi mabung akan sangat rawan stres. 


2. MAKANAN

Berikan makanan yang lebih banyak mengandung protein tinggi, disini kroto lebih disarankan. Selain itu untuk jumlahnya bisa ditambahkan dari porsi biasanya. Dan bila perlu bisa diberikan multivitamin dengan beli ditoko toko pakan burung terdekat. 

3. PEMASTERAN

Saat burung dikerodong dalam masa mabungnya ini adalah waktu yang sangat baik juga untuk memberikan suara masteran. Karena burung lebih banyak diam di dalam sangkar yang dikerodong.

Adapun hal hal yang tidak perlu dilakukan disaat burung lagi mabung / ganti bulu.
  1. Jangan pernah dilatih / didekatkan dengan burung Cendet yang lain sebelum masa mabungnya selesai dengan tuntas. Apalagi diikutkan dalam even lomba. Karena banyak kasus burung ngdrop, karena dipaksakan untuk ikut lomba.Jangan pernah dijemur secara berlebihan, tetapi cukup hanya diangin anginkan saja.
  2. Jangan dimandikan dulu selama masa pertumbuhan bulu baru.
  3. Dan yang terakhir sebaiknya burung yang baru selesai dari masa mabung / ganti bulu diberikan terapi terapi dan latihan ringan dulu sampai dengan performanya kembali pulih seperti semula.

  • Terapilah dengan makanan hidup seperti cicak, kadal kecil, atau binatang hidup yang aman buat burung Cendet.
  • Latihlah burung dengan yang lebih muda dulu.
Dan pada dasarnya adalah tetap sabar dalam merawat burung Cendet.

Demikian tips / cara merawat burung Cendet mabung / ganti bulu, semoga bermanfaat.

"BERBAGI ITU HAPPY"

No comments:

Post a Comment