"BERBAGI ITU HAPPY"

9/26/2017

CARA MERAWAT BURUNG LOVEBIRD SECARA LENGKAP

AAN BUDIYANTO | 9/26/2017 |
ZONATIPSINDONESIA. Merawat burung lovebird agar menjadi burung yang gacor atau rajin bunyi dengan suara yang keras dan durasi yang panjang bisa dibilang gampang gampang susah. Berbagai macam cara / tips dilakukan oleh pecinta burung lovebird untuk membuat setelan yang tepat dalam merawat burung mereka, ada yang berhasil namun masih ada juga sebagian yang memang masih kesulitan dalam mencari perawatan yang pas untuk burung mereka. Untuk itu artikel ini akan saya sampaikan cara merawat burung lovebird yang bisa dicoba untuk diterapkan kepada burung lovebird anda dirumah.
Dalam merawat burung lovebird ada beberapa faktor yang harus diperhatikan :

1. FAKTOR MAKANAN

Dalam merawat burung lovebird hal yang harus diperhatikan yaitu variasi makanan. Selain makanan utama berupa biji bijian. yang harus diberikan ada jenis makanan lain yang juga wajib harus diberikan yaitu sayur sayuran dan buah buahan segar.
Dan cara membuat variasi makanan untuk lovebird lakukan hal seperti dibawah ini :

Berikan makanan biji bijian yang merupakan makanan favorit dari burung lovebird anda berupa miled putih dicampur dengan miled merah dan kenari sed serta kuaci. campurkan menjadi satu dalam wadah makan burung lovebird anda. Biarkan lovebird anda yang memilih makanan biji bijian yang paling digemarinya. Atau mungkin bisa dibeli ditoko toko pakan yang sudah menyediakan pakan burung yang baik dan lengkap untuk diberikan kepada burung Lovebird anda. Selain dari biji bijian tersebut diatas masih ada biji bijian basah yang juga digemari oleh burung lovebird yaitu kacang tanah, lebih disarankan untuk memberikan Kacang tanah yang masih basah, karena oleh sebagian peternak burung Lovebird kacang tanah adalah makanan yang baik dan dipercaya mampu mengatur birahi dan menambah produktifitas jumlah telur.

Berikan sayur sayuran dan buah buahan segar sebagai makanan tabahan burung lovebird anda seperti kangkung, tahoge (Toge), Jagung muda, Buah Apel, atau jambu air. Berikan secara bergantian dalam tempo selang seling  1 - 2 hari. Buatlah variasi makanan ini berjalan terus menerus setiap hari.


CARA MERAWAT BURUNG LOVEBIRD SECARA LENGKAP

2. FAKTOR PEMASTERAN

Memiliki burung lovebird dengan durasi suara yang panjang dan keras tentunya sangatlah menyenangkan. Untuk itu dalam cara pemasteran ini hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan karakter suara untuk bahan masteran burung lovebird. Yang sangat disarankan adalah jenis suara burung dengan suara ngrol yang panjang seperti burung cililin kenari dan cucak jenggot. Bisa dibayangkan bila seekor burung lovebird mampu membawakan suara suara seperti jenis burung  yang sudah saya sebutkan tadi diatas. Untuk suara kenari lebih saya sarankan dengan memakai suara burung asli, dengan pertimbangan harga burung kenari yang lebih terjangkau oleh budget. Dan untuk suara burung Cililin bisa menggunakan suara dari masteran dengan media MP3.
Cara diatas sangat bagus untuk dilakukan ketika burung Lovebird masih berusia muda atau anakan. Tetapi bisa juga dilakukan ketika burung sudah dewasa

Catatan : pilihlah suara masteran yang memiliki durasi yang sangat panjang atau paling panjang.

Dan untuk waktunya bisa dilakukan ketika burung Lovebird dalam keadaan di kerodong ketika siang hari maupun malam hari.

3. FAKTOR PERAWATAN MANDI

Cara merawat burung lovebird berikutnya ada difaktor kebersihan dari burung yaitu dengan memandikan burung lovebird. Karena dipercaya dengan memandikan burung lovebird selain untuk menjaga kesehatan burung, juga bisa untuk mengatur setelan birahi dari burung tersebut.
Memandikan burung Lovebird dewasa dengan anakan sedikit berbeda, namun untuk perbedaanya hanya terletak dari caranya menyemprot, hal ini dengan maksud tentunya burung anakan atau lovebird muda belum terbiasa dengan mandi buatan oleh manusia sehingga ada bagian bagian yang harus dihindari saat menyemprot burung Lovebird anakan tersebut. 
Dan berikut ini cara memandikan burung Lovebird yang saya kelompokan menjadi 2 yaitu memandikan Burung  Lovebird anakan dan dewasa.

LOVEBIRD ANAKAN

Tahapan pertama adalah mengajari anakan burung Lovebird untuk mandi, Dan untuk caranya adalah sebagai berikut :

Keluarkan semua wadah pakan dan minuman lalu masukan tempat untuk mandi anakan burung Lovebird, bisa memakai wadah minuman yang agak besar atau tempat tempat yang lain. Berikan semprotan kepada anakan burung Lovebird dengan pelan pelan dan tipis tipis saja dulu, namun hindari menyemprot di bagian kepala, karena dibagian kepala terdapat lubang hidung dan telinga, Biarkan anakan burung Lovebird tersebut terpancing untuk melakukan mandi sendiri ditempat yang sudah disediakan tadi. Lakukan penyemprotan lagi dengan sprayer lembut dengan  pelan pelan bila burung belum ada reaksi, namun bila burung sudah mau mandi sendiri hentikan penyemprotan dan tunggu sampai burung selesai mandi lalu jemurlah. Hal tersebut juga bisa dilakukan untuk mengajari anakan burung Lovebird mandi dikaramba, hanya saja untuk tempat mandinya jangan dimasukan tetapi diganti dengan karamba.

Namun bila dicoba tetapi tetap tidak ada reaksi sama sekali untuk mandi sendiri, sebaiknya mandikan anakan burung Lovebird anda dengan cara disemprot. Buatlah anakan burung lovebird anda mandi dengan nyaman sehingga bisa menikmatinya. 

LOVEBIRD DEWASA

Kebiasaan memandikan burung Lovebird setiap orang berbeda beda namun yang perlu diperhatikan adalah cara yang paling disukai burung Lovbird saat mandi, jangan sampai memandikan burung Lovebird malah membuat burung menjadi stres atau terganggu.

Bila anda memandikan burung Lovebird dari anakan seperti contoh di atas, maka ketika sudah dewasa pilihannya tinggal anda yang menentukan apakah akan mandi sendiri ataukah dengan dimandikan oleh anda. Bila pilihannya dengan dimandikan oleh anda maka mandikan burung lovebird anda sampai dengan basah kuyup. karena ketika sudah dewasa burung lovebird sudah terbiasa dengan dimandikan oleh anda. sehingga burung sudah tidak kaget lagi dan akan menikmatinya.

Untuk  memandikan burung Lovebird baik itu anakan ataupun dewasa lakukanlah minimal 2-3 kali dalam seminggu, dan untuk waktunya sesuikan dengan kesibukan anda bisa pagi pagi, sore ataukah malam hari

Ketika dalam proses memandikan burung jangan lupa untuk sekalian membersihkan kandang, karena dengan menjaga kebersihan kandang burung juga berpengaruh untuk penampilan burung. banyak penyakit penyakit menyerang burung Lovebird yang diakibatkan oleh kandang yang kotor. Selain itu tentunya dengan membersihkan kandang burung juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan anda dan keluarga dirumah anda.

4. FAKTOR PENJEMURAN

Kebutuhan akan sinar matahari buat burung Lovebird sangat diperlukan, untuk itu proses penjemuran burung Lovbird sangat diperlukan dan untuk waktunya sebaiknya burung dijemur dipagi hari selama kurang lebih 2 jam saja. Setelah itu bisa diangin anginkan lalu dikerodong sambil didengarkan suara masteran.

Dengan bertambahnya usia burung Lovebird maka untuk durasi suaranya juga akan semakin bertambah, untuk itu lakukan cara cara perawatan burung lovebird anda sesuai dengan faktor faktor yang dibutuhkan diatas, dan tentunya dengan konsisten dan kesabaran. Banyak kegagalan dalam merawat burung lovebird dikarenakan perawatan yang tidak teratur dan sekedar asal asalan. Dan hal tersebut biasa dan wajar terjadi selain karena kurangnya pengetahuan juga bisa disebabkan karena seseorang berada dalam titik jemu sehingga sesuatu hal terasa sangat melelahkan. dan semoga hal tersebut tidak terjadi kepada anda. Tetap semangat dan terus berkreasi..

Demikian tips / cara merawat burung Lovebird, semogga bisa bermanfaat.

“BERBAGI ITU HAPPY”


No comments:

Post a Comment